Selasa, 14 Mei 2024

Surabaya Raya Diprakirakan Cerah Seharian, Malang dan Lumajang Berpotensi Hujan Deras

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto illustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pixabay Foto illustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), Senin (13/11/2023), berpotensi cerah seharian.

Mneurut keterangan yang diterima suarasurabaya.net, mayoritas wilayah Jatim pada pagi hari diprakirakan cerah dan berawan secara keseluruhan.

Sementara pada siang hingga sore hari, dua daerah yakni Kota Malang dan Lumajang, berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angin kencang.

Selain dua wilayah tersebut, seperti Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik), dan sebagian besar Jatim lainnya tidak berpotensi turun hujan pada siang hingga malam hari.

Suhu udara di Jatim hari ini ada di kisaran 14 sampai 36 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 45 hingga 95 persen. Sedangkan angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan sebagian besar wilayah perairan Jatim secara umum kondisi cuacanya berawan.

Arah angin dominan berhembus dari timur ke selatan dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 16 knot (30 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga minta masyarakat yang beraktivitas di wilayah pesisir, mewaspadai gelombang laut mencapai 2,5 meter di Perairan selatan Jatim, Samudra HIndia Selatan Jawa Timur. (and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs