Sabtu, 27 April 2024

Sustainability Journey Rumah Perubahan Tanamkan Mindset Pentingnya Pembangunan Berkelanjutan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gubernur dan perwakilan kepala daerah seluruh provinsi menghadiri acara Kendi Nusantara yang dipimpin Jokowi Presiden, di Titik Nol IKN, Kalimantan Timur pada 2022 lalu. Foto: Dok/ Biro Pers Setpres

Rumah Perubahan sebuah wadah pengabdian masyarakat melaksanakan agenda Long Term Value Creation Sustainability Journey, mengajak perwakilan perusahaan BUMN serta Radio Suara Surabaya mengunjungi lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 12-14 Juli 2023.

Boy Bayu Idisondjaja Senior Faculty Member Rumah Perubahan mengatakan sustainability mindset (pola pikir berkelanjutan) jadi salah satu tema besar kegiatan tersebut. Para peserta diberi wawasan tentang pentingnya keberlanjutan dalam konteks bisnis dan dampaknya terhadap perusahaan serta masyarakat.

“Peserta diajak melihat langsung kawasan perlindungan hutan dan kawasan Integrated Knowledge City (IKN), yang dirancang untuk menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan. Selain itu, mereka berdiskusi tentang bagaimana perusahaan dapat mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG) ke dalam operasi mereka,” ujar Boy kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (12/7/2023).

Melalui diskusi dan pertukaran ide antarpeserta, Long Term Value Creation Sustainability Journey juga membantu menggali praktik terbaik dalam menciptakan nilai jangka panjang dan meningkatkan keberlanjutan perusahaan.

Para peserta juga memiliki kesempatan mempelajari konsep dasar keberlanjutan beberapa perusahaan yang sudah mengaplikasikan konsep-konsep tersebut di lapangan.

“Salah satu contohnya adalah kunjungan ke kawasan Integrated Knowledge City (IKN), yang merupakan kota baru yang akan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan,” kata Boy.

Sementara terkait keikutsertaan Radio Suara Surabaya dalam kegiatan tersebut, kata Boy, jadi salah satu perhatian khusus terkait peran media dalam mendukung pendidikan dan penyebaran informasi mengenai keberlanjutan.

“Sebagai mitra yang penting dalam proses transformasi sosial, media memiliki tanggung jawab untuk memberikan liputan yang akurat dan mendalam mengenai isu-isu keberlanjutan, serta mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya tindakan keberlanjutan. Di situlah pentingnya kita berkolaborasi dan saling belajar dan memulai dari sekarang,” bebernya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan seperti ini, perusahaan bukan hanya di Kalimantan tapi di seluruh Indonesia dapat memperkuat komitmen mereka terhadap pembangunan keberlanjutan.

“Dan menciptakan nilai jangka panjang yang memberikan manfaat bagi perusahaan, masyarakat, dan lingkungan secara keseluruhan,” pungkasnya. (bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs