Minggu, 28 April 2024

Tenaga Pendidik Harus Paham AI untuk Hadapi Tantangan di Era Digital

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Supangat Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya. Foto: Untag Surabaya

Untuk menghadapi tantangan di era digital yang semakin dinamis, Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya mendorong optimalisasi tenaga pendidik dalam penggunaan artificial intelligence (AI).

Hal itu, dilakukan mulai dari meningkatkan keterampilan penggunaan Google Workspace, Drive, Calendar, Form, Microsoft Word, Microsoft Excel, hingga Microsoft Power Point. Yang seluruhnya, disusun berdasarkan standar internasional Microsoft Office Specialist (MOS) dan Google Educator.

“Untuk meningkatkan intelektual sumber daya manusia (SDM), meningkatkan efisiensi operasional, meminimalisir kesalahan SDM, mempercepat pengolahan data, serta memberikan informasi yang lebih akurat,” kata Supangat Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA Surabaya, dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (26/11/2023).

Keterampilan itu, kata dia, dibutuhkan dalam lingkungan perkantoran modern, terutama dalam hal adaptasi terhadap teknologi terkini.

“Ini merupakan integrasi kecerdasan buatan sebagai asisten pribadi. Pertanyaan-pertanyaan akan dijawab secara terperinci oleh asisten pribadi, yang akan mempermudah pekerjaan sehari-hari,” katanya.

Upaya itu, juga ditujukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, adaptif terhadap perubahan, dan mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

“Diharapkan, luaran dari program ini dapat merasa siap untuk mengikuti sertifikasi internasional,” ujar Ketua Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya tersebut.

Sementara itu, Eddy Wahyudi Direktur Direktorat Umum dan Sumber Daya Manusia (DUSDM) YPTA Surabaya, mengatakan bahwa upaya itu juga bagian dari respon terhadap identifikasi kebutuhan jabatan SDM.

“Kami berharap dapat meningkatkan kebutuhan SDM sesuai dengan tugas-tugas yang diemban, terutama dalam bidang IT, administrasi perkantoran, dan manajemen organisasi,” pungkasnya. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs