Senin, 13 Mei 2024

Tentara Israel Terus Menggempur Gaza, Sebelas Warga Palestina Meninggal Dunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tentara Israel dengan kendaraan lapis baja berkumpul di lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan dengan Gaza pada 21 Oktober. Foto: EPA-EFE

Israel menggempur wilayah selatan Gaza pada Minggu (22/10/2023) pagi waktu setempat. Mereka akan mengintensifkan serangannya di wilayah tersebut.

Sedikitnya sebelas warga Palestina dilaporkan meninggal dunia dalam serangan Israel di kota Khan Younis, Gaza selatan. Media Palestina juga mengatakan Israel menyerang kota Rafah di selatan.

Dilansir dari Reuters, serangan itu terjadi beberapa jam setelah Laksamana Muda Daniel Hagari juru bicara militer Israel meminta warga Gaza untuk pindah ke selatan untuk menghindari bahaya.

“Demi keselamatan Anda sendiri, bergeraklah ke arah selatan. Kami akan terus menyerang di wilayah Kota Gaza dan meningkatkan serangan,” kata Hagari pada Sabtu (21/10/2023) kemarin.

Sementara itu, konvoi bantuan kemanusiaan pertama yang diizinkan masuk ke Jalur Gaza telah tiba melalui perbatasan Rafah pada Sabtu kemarin.

PBB mengatakan konvoi 20 truk tersebut termasuk pasokan penyelamat jiwa yang akan diterima oleh Bulan Sabit Merah Palestina.

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) menyambut baik kedatangan bantuan tersebut. Ia mengatakan AS berkomitmen untuk memastikan lebih banyak bantuan akan masuk melalui penyeberangan perbatasan Rafah.

Sementara itu, Israel memulai pengepungan total terhadap Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.400 orang Israel.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, serangan udara dan rudal Israel sebagai balasannya telah menewaskan sedikitnya 4.385 warga Palestina. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
26o
Kurs