Selasa, 30 April 2024

Terminal Purabaya Siagakan 3.000 Bus untuk Layani Mudik Lebaran 2023

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Bus AKDP non ekonomi jurusan Madiun, Nganjuk, dan Ponorogo diserbu penumpang, Kamis (20/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pengelola Terminal Tipe A Purabaya menyiagakan tiga ribu lebih unit bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada Lebaran 2023.

Cipto Widyanto Staf Administrasi Terminal Tipe A Purabaya merinci, ada 2.170 bus AKDP dan 1.070 bus AKAP yang siaga dan beroperasi selama masa mudik Lebaran.

“Itu berjalan reguler. Itu pun, tidak seluruhnya berjalan. Lihat fluktuasi, itu tapi disiagakan,” kata Cipto, Kamis (20/4/2023).

Puncak arus mudik diprediksi terjadi hari ini. Sekitar 40 ribuan penumpang diperkirakan memadati terminal.

“Sementara ini tujuan favorit, Tulungagung, Malang, Kediri, dan Ponorogo. Kalau AKAP, ke Solo, Yogyakarta, Jakarta yang ramai,” imbuhnya.

Meski ada penambahan unit hingga lima kali lipat dibanding Lebaran tahun lalu yang hanya 600 bus AKAP dan AKDP, Cipto meminta masyarakat tidak berangkat lewat pukul 22.00 WIB untuk tujuan dalam kota dalam provinsi.

“Jam penumpang dalam beberapa minggu terakhir, pagi setelah sahur, siang landai, sore menjelang buka naik lagi sampai malam jam 12 sudah terkendali. Tapi, AKDP itu kalau jam 10 malam belum dapat kendaraan, menunda keberangkatan aja besok,” bebernya. (lta/iss/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs