Rabu, 24 April 2024

Tidak Takut Dokter Asing Masuk, IDI Jatim: Dokter Kita Berkualitas

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sutrisno Ketua IDI Jatim sesuai pelantikan pengurus IDI Jatim di Surabaya, pada Sabtu (18/2/2023) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur menyatakan, tidak takut jika ada dokter asing yang masuk dan bertugas di Indonesia.

Sutrisno Ketua IDI Jatim mengatakan, dokter di Indonesia memiliki kualitas yang bagus, sehingga mampu bersaing dengan dokter asing.

“Dokter Indonesia sangat bagus, jadi sudah kita melalui pendidikan yang lama dan itu menghasilkan dokter-dokter yang berkualitas. Kita tidak kalah dengan dokter asing,” ucapnya seusai pelantikan pengurus IDI Jatim di Surabaya, pada Sabtu (18/2/203) malam.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak anti dengan dokter asing, karena menurutnya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk memberikan manfaat pada masyarakat terkait kesehatan.

Meskipun begitu, ia menegaskan, dalam pemilihan dokter asing harus selektif, karena menurutnya tidak semua dokter yang berasal dari luar negeri berkualitas.

Lebih lanjut, untuk mengatasi kehadiran dokter yang berasal dari luar negeri itu, ia akan membuktikan kualifikasi dokter di Jatim.

“Pertama, tentu saja kita harus membuktikan bahwa dokter di Jawa Timur itu qualified. Kedua, kita akan komunikasikan dengan stakeholder, kalau memang kita bukan kelas dua atau kelas tiga, tapi kita tetap kelas satu,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan ke pemerintah dengan data-data yang valid, untuk menjadi kebijakan yang bermutu dan tepat soal kedokteran yang diambil pemerintah nantinya.

“Kita juga berfokus ke eksternal untuk bersama-sama dengan pemerintah, dengan organisasi profesi yang lain, dengan tujuan yang sama, yaitu membangun kesehatan masyarakat Jatim” ucapnya.

Saat ini, ia menyampaikan pihaknya akan memperkuat soliditas internal IDI Jatim, agar lebih kuat dan profesional untuk kesehatan di Jatim.(ris/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs