Senin, 29 April 2024

Tinjau Lokasi Wisata, Khofifah Tak Ingin Insiden Dua Korban Tenggelam di Hotel Banyuwangi Terulang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim didampingi Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim, dan Mayjen TNI Rafael Granada Pangdam V/Brawijaya waktu meninjau Pospam WBL. Foto: Humas Pemprov Jatim. Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim didampingi Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim, dan Mayjen TNI Rafael Granada Pangdam V/Brawijaya waktu meninjau Pospam WBL. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama jajaran Forkopimda Jatim melakukan peninjauan ke lokasi wisata di Wisata Bahari Lamongan (WBL) di Kabupaten Lamongan dan Jatim Park 3 di Kota Batu.

Selain meninjau kondisi lokasi wisata, jajaran Forkopimda Jatim juga meninjau pos pengamanan (pospam) yang ada di lokasi tersebut.

Pada titik pertama di WBL, Khofifah dan rombongan meninjau Pospam Ops Lilin Semeru 2023 WBL. Kemudian di titik kedua, Forkopimda Jatim meninjau Pospam Jatim Park 3 dan wahana yang ada di dalamnya.

Khofifah mengatakan, peninjauan ini dilakukan dalam rangka memastikan pengamanan perayaan tahun Baru 2024 di Jatim berjalan dengan aman dan nyaman.

“Kita datang untuk mengecek bahwa kalau itu wisata wahana, maka keamanannya harus tervalidasi. Kalau wisata alam, harus dipastikan terkontrol. Maka monitoring ini memang harus kita lakukan bersama-sama,” ujar Khofifah dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

Khofifah menyatakan saat masyarakat berlibur dan memadati kawasan wisata, pihak pengelola harus meminimalisir risiko timbulnya korban. Gubernur Jatim itu tak ingin peristiwa di salah satu hotel di Banyuwangi yang memakan dua korban jiwa terulang lagi.

“Seperti kejadian di salah satu hotel di Banyuwangi, karena ada yang berenang dan dalam kondisi ramai sehingga ada korban yang sampai tidak tertolong. Maka ini menjadi perhatian kita semua, dalam setiap layanan hotel yang punya area renang, harus lengkap memiliki tim yang terus melakukan pemantauan,” katanya.

Terkait peristwiwa itu, Khofifah mengaku sudah berkomunikasi dengan Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi supaya melakukan pengecekan ulang terhadap aspek kemanan di hotel tersebut.

“Ini sudah saya komunikasikan dengan Bu Bupati, supaya ada kehati-hatian dan selanjutnya dibangun kewaspadaan,” lanjut Khofifah.

Khofifah berharap seluruh masyarakat yang berlibur di Jatim bisa merasa aman dan nyaman menikmati destinasi wisata yang ada.

“Selamat berlibur di Jawa Timur, semoga semuanya senang dan berkesan,” terangnya.

Selain meninjau lokasi wisata, jajaran Forkopimda juga memastikan upaya pengamanan dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan pada masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) di pospam area wisata berjalan dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi, dua warga Gresik diketahui meninggal tenggelam di kolam renang sebuah hotel di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi pada Minggu (24/12/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

AKP Satrio Wibowo Kapolsek Glenmore mengungkapkan, kedua korban itu merupakan keponakan dan tante, yakni DAH (10) dan MTC (29).

“Menurut keterangan saksi, korban 1 tenggelam di kolam renang lalu korban 2 berusaha menolong namun ikut tenggelam,” tulis keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (28/12/2023) siang.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs