Jumat, 17 Mei 2024

Tol Fungsional Solo-Yogyakarta akan Mulai Dibuka H-7 Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saat menginspeksi proyek Jalan Tol ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo di Karanganyar, Jawa Tengah pada Senin (27/2/2023). Foto: PT Jogjasolo Marga Makmur

Yhanni Haryanto Direktur Keuangan dan Umum PT Joglosolo Marga Makmur (JMM) mengatakan, tol fungsional Solo-Yogyakarta sepanjang 6 Km akan mulai dibuka pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Akses tol dimulai dari simpang Ngasem di Jalan Raya Solo-Boyolali dan keluar di wilayah Sawit yang merupakan akses Jalan Raya Solo-Klaten.

Melansir Antara, Selasa (4/4/2023), pihaknya menambahkan, tol fungsional tersebut dibuka terbatas mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, tergantung dengan situasi kepadatan lalu lintas.

Adapun untuk perlakuan arus kendaraan yang melintas, kata dia, untuk masa arus mudik kendaraan yang melintas hanya satu arah dari simpang Ngasem menuju ke Sawit.

Sementara saat arus balik, kata dia, hanya satu arah untuk kendaraan dari Yogyakarta menuju Solo melalui akses tol di wilayah Sawit.

Pembukaan jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta itu, kata dia, diharapkan menekan angka kepadatan lalu lintas, khususnya di simpang Kartasura yang merupakan titik pertemuan kendaraan dari arah Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Sebelumnya Muhammad Amin General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM di Solo, Senin (27/3/2023), mengatakan bahwa secara fungsional ruas tol tersebut akan dibuka mulai dari Kartasura hingga STA 6 di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

“Pengerjaan terakhir adalah mengupayakan pengurangan timbunan, terus dilakukan pemadatan dengan ruas A dan B sampai di lantai kerja sebelum dicor (setebal) 30 cm,” katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan imbauan pemerintah pengerjaan ditargetkan dapat selesai sebelum H-7 Lebaran 2023 sehingga saat H-7 ruas tersebut sudah dapat dilewati.

Secara teknis, dikatakannya, kendaraan dari arah barat yang akan melewati ruas tol fungsional tersebut keluar terlebih dulu di exit tol Colomadu. Setelah melewati lampu merah, kendaraan kembali masuk ke badan jalan tol arah sawit.

“Fungsionalnya H-7 hingga H+7 Lebaran. Yang H-7 menuju Yogyakarta, sedangkan yang setelah Lebaran dari arah sebaliknya,” katanya.

Ia mengatakan panjang tol fungsional tersebut 6 km. Ruas tol fungsional tersebut diharapkan bisa memecah kemacetan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang biasa dilewati kendaraan dari arah barat baik dari tol maupun tidak menuju ke timur atau ke selatan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs