Selasa, 28 Mei 2024

Ubaya PTS Nomor Satu Se-Jatim Versi SCImago Institutions Rankings

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi perguruan tinggi nomor satu se-Jawa Timur berdasarkan pemeringkatan SCImago Institutions Rankings (SIR) tahun 2023. Foto: Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi perguruan tinggi nomor satu se-Jawa Timur berdasarkan pemeringkatan SCImago Institutions Rankings (SIR) tahun 2023.

Sedangkan secara nasional, Ubaya masuk lima besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik yang berada pada kuartil satu (Q1) atau posisi 25 persen universitas terbaik di Indonesia.

Suyanto Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya, dalam keterangan yang diterima pada Minggu (25/6/2023) menjelaskan, SIR merupakan klasifikasi peringkat institusi di seluruh dunia terkait akademik dan penelitian. Hal tersebut diukur berdasarkan tiga indikator, yakni research, innovation, serta societal impact.

Suyanto mengungkapkan, salah satu faktor pendukung peringkat Ubaya pada SIR yaitu artikel jurnal yang terindeks Scopus. Pada tahun 2022, terdapat 152 jumlah artikel jurnal dan 246 sitasi penulis Ubaya pada basis data Scopus.

“Banyak upaya yang dilakukan Ubaya melalui LPPM dalam meningkatkan jumlah penelitian. Ada berbagai skema research yang disediakan agar para dosen mau melakukan publikasi. Kami memberikan insentif bagi dosen yang melakukan publikasi di jurnal internasional,” ujarnya.

Selain itu, penelitian yang dihasilkan para dosen Ubaya, kata Suyanto, tidak hanya berhenti pada riset, tetapi juga dikembangkan menjadi inovasi yang berkolaborasi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“Hal ini diimplementasikan melalui keterlibatan Ubaya pada program Matching Fund tahun 2022, yang berhasil menjadi satu-satunya PTS di Indonesia yang masuk lima besar kategori Jumlah Tim Penerima Matching Fund tahun 2022 Terbanyak Berdasarkan Gelombang satu hingga empat dan total hibah mencapai lebih dari 15 Miliar. Pencapaian ini turut mempengaruhi posisi Ubaya di SIR berdasarkan indikator innovation,” jelas Suyanto dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023).

Sementara itu, Benny Lianto Rektor Ubaya mengatakan, prestasi pada SIR merupakan bentuk apresiasi dari pihak eksternal terhadap Ubaya yang selalu melakukan pekerjaan dengan cara terbaik.

Benny juga berharap, prestasi tersebut, dapat terus ditingkatkan hingga skala nasional dan juga internasional.

“Ke depannya, Ubaya akan mendorong dosen untuk menghasilkan keluaran publikasi jurnal yang berkolaborasi dengan penulis luar negeri melalui percepatan hibah internasional,” pungkasnya. (ris/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs