Kamis, 9 Mei 2024

Unusa Salah Satu PTN-PTS Tercepat Raih Akreditasi Unggul

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Tampak depan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Foto: Unusa Tampak depan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Foto: Unusa

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjadi salah salah satu PTN-PTS tercepat terakreditasi unggul, melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No 946/SK/BAN-PT/Ak/PT/XI/2003, memberi predikat akreditasi unggul untuk Unusa.

Dari 4.523 PTN-PTS di Indonesia hanya 80 akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas atau 1,8 persen, yang terakreditasi unggul. Mayoritas PTN-PTS tersebut berusia di atas 40 tahun, dan sangat sedikit PTN-PTS berusia 10 tahun ke bawah yang terakreditasi unggul seperti Unusa.

Achmad Jazidie Rektor Unusa menjelaskan, Unusa termasuk perguruan tinggi yang mampu memenuhi persyaratan-persyaratan terakreditasi Unggul yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Menurutnya, pencapaian ini menandakan bahwa tata kelola, SDM, proses belajar mengajar, iklim pembelajaran, prestasi kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan sarana dan prasarana, telah berjalan sangat baik di Unusa, jauh melampaui standard nasional.

Achmad Jazidie Rektor Unusa menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh sivitas akademika Unusa, serta seluruh stakeholders terkait yang selama ini bahu membahu bekerja keras.

“Akreditasi unggul yang dicapai Unusa merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika, dan stakeholders lain, seperti para alumni, pengguna alumni, perusahaan-perusahaan, dan lembaga-lembaga lain yang telah bekerjasama dengan Unusa, dan tentu saja kepada ketua dan pengurus YARSIS, serta para kiai dan warga masyarakat yang mendoakan kami,” ungkapnya.

Achmad Jazidie Rektor Unusa memotong tumpeng dan memegang sertifikat BAN PT Untuk institusi Unggul, bersama Direktur Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal, Surabaya, Kamis (23/11/2023). Foto: Unusa
Achmad Jazidie Rektor Unusa memotong tumpeng dan memegang sertifikat BAN PT Untuk institusi Unggul, bersama Direktur Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal, Surabaya, Kamis (23/11/2023). Foto: Unusa

Jazidie juga mengingatkan, yang dicapai Unusa sekarang merupakan tonggak penting untuk menjadi salah perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan di ASEAN di masa mendatang, meskipun telah terakreditasi unggul.

Untuk itu, masih banyak tantangan yang dihadapi dan banyak yang harus diperbaiki serta dikerjakan untuk masa depan yang lebih baik, terutama ketika Unusa harus bersaing di level global, lanjutnya.

“Dalam persaingan global yang semakin menantang, akreditasi unggul merupakan pembuka pintu bagi Unusa untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat Indonesia dan dunia. Lebih dari sekadar mencetak lulusan, Unusa bertekad untuk menjadi pusat pengembangan Ipteks sekaligus pusat pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia profesional dan pemimpin masa depan dan berkontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi, serta membawa rahmat di level global,” ungkapnya.

Sementara itu, Kacung Marijan Wakil Rektor 1 Unusa menyatakan kebanggaannya terhadap peran aktif seluruh elemen universitas.

“Berbagai prestasi dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan Unusa telah menjadi poin penting dalam proses akreditasi ini. Dari karya penilaian, publikasi hingga partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kontribusi seluruh sivitas akademika telah menjadi bagian penting dari penilaian unggul,” ungkapnya.

Prestasi yang dicapai oleh dosen dan khususnya mahasiswa bukan hanya di bidang akademis, tetapi juga non-akademik yang ia yakini sangat bermanfaat ketika mahasiswa lulus dan menjadi bagian dari masyarakat, lanjutnya.

“Dalam upaya mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral dan kemampuan beradaptasi, Unusa terus menegaskan pentingnya pengembangan holistik. Akreditasi unggul menjadi bukti bahwa Unusa mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang pertumbuhan berbagai aspek potensi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik” ungkapnya.(ath/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs