Minggu, 12 Mei 2024

Usai Berangkatkan 9 Gerbong KA Mudik Gratis, Hari Ini PDIP Berangkatkan Lagi 178 Bus

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP saat memberangkatkan 178 bus pemudik ke Jawa dan Sumatra, di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/4/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

PDI Perjuangan (PDIP) memberangkatkan 178 bus mudik gratis dari JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/4/2023). Kegiatan mudik ini menyambut Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 Hijriah.

Ribuan warga terlibat dalam mudik bersama PDIP. Mereka diberangkatkan ke berbagai tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Ada juga tujuan ke Sumatera Selatan dan Lampung.

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDIP dan Rokhmin Dahuri Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan, Perikanan, dan Nelayan serta Wiryanti Sukamdani Ketua DPP PDIP hadir dalam kegiatan mudik tersebut.

Hasto membagikan bingkisan dengan tas berwarna merah kepada para pemudik yang sudah berada di dalam bus.

Pria kelahiran Yogyakarta itu mengatakan kegiatan mudik digelar PDIP demi mendukung pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI .

“Komitmen kerakyatan di dalam mudik lebaran ini sebagai upaya PDIP mendukung pemerintahan Jokowi Presiden dan juga gerak bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia yang menjadikan Idulfitri sebagai puncak silaturahmi setelah sebulan penuh berpuasa dan halalbihalal saling memaafkan,” kata Hasto saat melepas keberangkatan 178 bus di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Menurut Hasto, kegiatan mudik gratis tidak hanya digelar DPP PDIP, melainkan juga oleh para kepala daerah dari parpol bernomor tiga pada Pemilu 2024.

“Maka, dengan kerja gotong royong hari ini, PDIP meluncurkan 178 mudik gratis, baik itu ke Sumatra, ke Jawa, dan Jawa sejauh ini yang terjauh di Banyuwangi,” kata dia.

Hasto kemudian membeberkan alasan DPP PDIP memberangkatkan 178 bus yang menjadi pertanda hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kenapa 178? Sebab, kami mengambil dari angka keramat 17 Agustus yang membangun suatu spirit bahwa bangsa indonesia merdeka dengan landasan Pancasila yang di dalamnya ada falsafah tentang ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, persatuan indonesia, dan keadilan sosial yang kami praktikkan di dalam mudik lebaran sebagai tradisi rutin yang dilakukan oleh PDIP, kecuali pada saat pandemi,” ungkap Hasto.

Hasto mengatakan PDIP menyambut Lebaran 2023 juga memberangkatkan mudik warga menggunakan kereta api secara gratis.

“Total dengan kereta api yang sudah kami luncurkan sejak 17, 18, 19 April 2023 itu, ada sembilan ribu penumpang. Dari sembilan gerbong kereta api, sembilan mengandung makna highest achievement Indonesian dreams dan 17 Agustus dengan semangat proklamasi, kami terus bergerak membangun kemajuan bangsa bersama pemerintahan Jokowi,” kata Hasto.

Sebelumnya, pada Selasa (18/4/2023) kemarin, PDIP juga memberangkatkan sembilan gerbong Kereta Api berisikan pemudik yang akan mudik di wilayah Jawa.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs