Minggu, 28 April 2024

Usia Ideal Menikah Lelaki 25 Tahun dan Perempuan 21 Tahun

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - BKKBN menyebut usia ideal menikah bagi laki-laki adalah 25 tahun dan perempuan 21 tahun. Ilustrasi: Getty Images

Hasto Wardoyo Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebut umur ideal menikah bagi laki-laki adalah 25 tahun, sedangkan perempuan 21 tahun.

“Ini kampanyenya BKKBN supaya keluarga itu dewasa,” kata Hasto dilansir dari Antara pada Rabu (16/8/2023) tengah malam.

Hasto memaparkan, BKKBN memiliki aplikasi elektronik siap nikah dan siap hamil (elsimil) yang bisa menjadi solusi untuk mempersiapkan calon pengantin (catin) agar paham tentang kesehatan reproduksi untuk menurunkan angka perceraian di Indonesia.

“Kami sadar perceraian meningkat. Untuk itu kami mulai dari agak hulu sedikit, yakni dengan program sebelum menikah,” terangnya.

“Tiga bulan sebelum nikah harus diberikan bimbingan yang komprehensif, termasuk ada bimbingan perencanaan kesehatan reproduksinya,” imbuhnya.

Hasto menyatakan bahwa pihaknya selalu berkolaborasi lintas sektor untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar tidak kawin pada usia anak.

Untuk itu, ia menegaskan pentingnya calon pengantin untuk mengikuti program-program khusus pranikah yang diselenggarakan BKKBN. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs