Minggu, 25 Februari 2024

Wali Kota Surabaya Ingin Sulap Jalan Kembang Jepun seperti Tunjungan Romansa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menginginkan kawasan Kembang Jepun bertransformasi seperti Jalan Tunjungan.. Foto: Diskominfo Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengajak partisipasi para pengusaha untuk menyemarakkan Kampung Pecinan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun. Sehingga Kembang Jepun bisa seperti Tunjungan Romansa.

“Saya ingin Kya-Kya Kembang Jepun bergerak seperti di Jalan Tunjungan. Setelah Jalan Tunjungan itu saya buka, para pemiliknya merombak menjadi tempat-tempat usaha seperti kafe dan sebagainya, dan akhirnya menjadi ramai,” ujar Eri Cahyadi dilansir Antara, Kamis (12/10/2023).

Eri ingin memunculkan kawasan Kembang Jepun itu benar-benar menjadi China Town. Oleh sebab itu, Eri mengajak kolaborasi dan sinergi bersama seluruh pengusaha yang ada di sekitarnya.

“Jadi, saya minta tolong yang mengecat adalah pemilik bangunan, sehingga mengubah wajah kota. Saya juga ingin hilangkan kesan kumuh kawasan Kembang Jepun. Kami akan pasang lampu-lampu di sana yang identik seperti di China, kalau Tunjungan seperti Eropa,” katanya.

Dalam upaya menguatkan identitas Jalan Kembang Jepun, Eri meminta setiap pemilik usaha memasang papan nama toko berbahasa Mandarin dan Indonesia. Hal ini bertujuan untuk lebih menguatkan kembali identitas kawasan tersebut sebagai Kampung Pecinan.

Eri menambahkan bahwa Pemkot Surabaya tidak bisa sendiri dalam menggeliatkan destinasi wisata di Jalan Kembang Jepun. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dan peran serta para pemilik usaha pertokoan di wilayah setempat.

Eri berharap para pemilik usaha di Kampung Pecinan bisa beroperasi sampai malam. Namun, apabila beroperasi sampai sore, ia berharap di depan toko mereka saat malam hari bisa digunakan sebagai lapak UMKM.

“Kota ini sangat kaya dengan artefak dan sejarah. Tentunya dengan bangunan-bangunan yang melekat di Surabaya dan salah satunya di kawasan Kembang Jepun,” ujarnya. (ant/feb/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
26o
Kurs