Sabtu, 27 April 2024

Pameran Lampion Ramaikan Imlek 2573 di Kampung Pecinan Tambak Bayan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
lampion-tambak-bayan Lampion dipamerkan dan dijual pada Imlek 2573 di Tambak Bayan, untuk menggalang dana renovasi aula warga. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kemeriahan menyambut pergantian tahun baru Imlek di kampung Pecinan Tambak Bayan, Surabaya, sudah terasa sejak semalam, Senin (31/1/2022). Lantas pada Selasa (1/2/2022) ini, selain atraksi Barongsai juga dimeriahkan pameran Lampion.

“Setelah sembahyang bersama tadi malam, terus dilanjutkan melekan. Anak-anak muda mempersiapkan pameran Lampion, dan segala kegiatan tahun baru Imlek 2573,” kata Suseno Karja Ketua RT 2, RW 2, Tambak Bayan.

Puluhan Lampion warna-warni dengan berbagai bentuk lengkap dengan lampu dipamerkan di ruang pertemuan atau aula warga. Lampion-lampion berbagai ukuran itu sudah dikerjakan para kawan kreatif bersama anak-anak muda kampung Tambak Bayan sejak sekitar tiga pekan lalu.

“Pameran Lampion ini sekaligus juga penjualan. Masyarakat atau pengunjung yang tertarik bisa langsung membeli. Dan sekedar informasi, penjualan Lampion ini dalam rangka renovasi atau pembangunan aula warga Tambak Bayan yang atapnya ambrol, jebol. Butuh biaya buat renovasi,” kata pria yang akrab disapa Seno itu.

Ruang pameran Lampion yang berada di bagian tengah aula pertemuan warga Tambak Bayan itu sejatinya adalah bangunan kuno di masa Kolonial.

“Bangunan ini dulunya adalah Istal Kuda atau kandang Kuda. Ini bangunan Kolonial. Sekarang ini sudah mulai lapuk bangunannya banyak yang rusak,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memeriahkan Imlek 2573 atraksi Barongsai digelar dengan berkeliling kampung Tambak Bayan. Kemudian warga masyarakat saling bertemu, berkunjung di rumah masing-masing untuk saling berucap Kionghi.

“Yang muda mengunjungi yang tua berharap doa restu, agar tahun baru penuh berkah rejeki dan kesehatan,” ujar Gepeng anak muda kampung Pecinan Tambak Bayan.(tok/den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs