Rabu, 24 April 2024

Wali Kota Surabaya Minta Sekda Terpilih Menjabat Maksimal Tiga Tahun

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya terpilih segera diumumkan pada Selasa (17/1/2023) mendatang.

Sejauh ini ada tiga nama ASN Pemkot Surabaya yang sudah menjalani separuh lebih tahapan seleksi. Ketiganya yaitu Ikhsan Inspektur Kota Surabaya, Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya, dan Rachmad Basari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berharap, siapa pun kandidat yang terpilih diminta membuat surat pernyataan hanya akan menjabat maksimal tiga tahun.

“Ini dapat informasi ada Pak Ikhsan, Pak Lilik, sama Pak Basari. InsyaAllah tiga-tiganya ini orang baik. Siapa pun yang terpilih saya pastikan buat surat penyataan, masing-masing jabatannya tiga tahun. Karena sekda, kepala dinas, setiap tahun harus berputar. Sekda dan kepala dinas bukan jabatan selamanya. Harus merasakan tempat lain,” kata Eri saat ditemui di kediaman pribadinya, Sabtu (14/1/2023).

Kebijakan itu pertama kali dilakukan tahun ini, dengan harapan perputaran jabatan itu bisa membahagiakan masyarakat. Itu berlaku bagi siapa pun sekda terpilih, tanpa melihat latar belakang prestasi yang diperoleh.

“Kalau kadis diputar biasa, kalau sekda kan tidak biasa. Karena itu buat surat pernyataan, harus mau diputar, harus mau dipindah. Dibiasakan semua pejabat itu diputar, memberikan kebahagian kepada umatnya,” paparnya lagi.

Eri juga berharap kebijakan itu bisa menjaga semua pejabat agar mampu selalu introspeksi diri.

“Meski pun sekda-nya berprestasi. Karena dia bisa merasakan, aku bisa begini, sehingga berubah, karena berputar itu membuat orang lebih sempurna, mengerti kekurangannya, jabatan sekda bukan selamanya. Karena sama-sama eselon II. Jangan ditahan-tahan,” pungkasnya. (lta/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs