Jumat, 26 April 2024

Warga Gunung Sari 2 Bersemangat Merombak Total Lahan Jadi Fasilitas Umum

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Gunung Sari 2 RT 2 RW 8, Sawunggaling, Wonokromo, sedang mengangkat kayu yang telah dipotong, Minggu (29/1/2023). Foto: Abdi suarasurabaya.net

Warga  Gunung Sari 2 RT 2 RW 8, Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya, sangat antusias merombak total lahan mereka dalam kegiatan kerja bakti bertajuk Surabaya Bergerak, Minggu (29/1/2023).

Muhammad Syairul Nizam Ketua RT 2 RW 8 Gunung Sari 2 bersama pengurus lain sebelumnya sudah sepakat melakukan perombakan salah satu lahan yang ada di wilayah mereka.

Perombakan total itu dimulai dengan pemotongan pohon dan pemasangan gorong-gorong untuk memperlancar saluran air.

“Kami juga melakukan pemotongan pohon di pinggir bantaran sungai. Nah, nanti di sini kami akan membangun lapangan untuk warga,” ujarnya.

Menurut Nizam, keberadaan lapangan nantinya dapat digunakan untuk mendorong UMKM warga Gunung Sari 2 RT 2 RW 8 tersebut. Sedangkan, untuk gorong-gorong untuk memperlancar saluran air di wilayah tersebut.

Sementara itu, menurut Madisir Wakil Ketua RT 2 RW 8, agenda kerja bakti kali ini fokus membersihkan lahan yang akan dijadikan lapangan. Rencananya, lapangan akan digunakan untuk kegiatan warga RT 2 RW 8 Gunung Sari 2.

“Kalau nanti lapangan sekiranya bisa disewakan, nanti kami sewakan,” katanya.

Antusiasme warga juga sangat tinggi dalam kegiatan kerja bakti hari ini. Amin Muhammad salah seorang warga menyebut antusias warga paling tinggi selama awal tahun 2023.

“Mungkin ya RT baru, pengurus baru. Jadi sosialisasi dengan warga pun terbuka, kedekatan dengan warga juga intens. Sehingga warga benar-benar antusias,” ucapnya.

Semangat itu, lanjut Amin, juga timbul karena ada kesadaran warga pada kebersihan dan kerapian lingkungan.

Sebelumnya, warga Gunung Sari 2 RT 2 RW 8  juga serentak memasang ulang paving karena tertutup genangan air dan menebangan pohon di sepanjang jalan supaya tidak menghalangi lampu penerangan jalan.

Seperti diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(abd/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs