Kamis, 25 April 2024

Warga Jemur Wonosari RW 4 Kerja Bakti Pagi-Sore, Fokus Bersihkan Sedimen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Warga Jemur Wonosari membersihkan sedimen di saluran air yang menhambat laju air, Minggu (29/1/2023). Foto: Ihza suarasurabaya.net

Warga RW 4 RT 1 hingga RT 8, Kelurahan Jemur Wonosari, Surabaya, Jawa Timur, kompak bersihkan lingkungan dalam kegiatan kerja bakti, bertajuk Surabaya Bergerak, Minggu (29/1/2023).

Yasin Lurah Jemur Wonosari mengatakan, tahun ini kerja bakti diagendakan bergiliran setiap pekan per RW.

“kebetulan hari ini RW 4 kebagian kerja bakti, dengan fokus utama membersihkan sedimen dari saluran air. Saluran air paling tidak harus bersih. Surabaya Bergerak mengutamakan pembersihan sedimen. Tapi, kalau ada yang perlu dibersihkan ya dibersihkan. Namanya juga kerja bakti,” ujarnya.

Senada, Sutanto Ketua RW 4 bilang setiap RT fokus membersihkan lingkungan dengan prioritas membersihkan sedimen-sedimen yang ada di saluran air.

“Untuk memperlancar saluran air supaya tidak banjir di musim hujan. Kalau air lancar kan bibit-bibit nyamuk jadi tidak ada. Selain membersihkan lingkungan, juga untuk menjaga kesehatan di setiap wilayah masing-masing,” terangnya.

Berbeda dengan wilayah RT lain yang melakukan kerja bakti pagi hari, RT 4 melakukan kerja bakti sore hari.

Hal tersebut dikarenakan ada bazaar di pagi yang bertabrakan dengan jadwal kerja bakti. Makanya kerja bakti digeser ke sore hari.

“Fokus kerja bakti jelas membersihkan sedimen, sama ada ilalang di lahan yang nanti kebetulan lahan itu dipakai senam sama warga,” kata Husni Ketua RT 4 RW 4, Kelurahan Jemur Wonosari.

Kegiatan kerja bakti di Jemur Wonosari diiringi dengan sarapan bersama dengan para warga dan kelurahan.

Seperti diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs