Minggu, 14 April 2024

Warga Sambikerep Kompak Lakukan Perantingan dan Bersihkan Area Fasum

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga Sambikerep bersama Babinsa dan Babinkammtibmas Kelurahan Sambikerep membersihkan area Fasum, Minggu (8/1/2023). Foto: Kelurahan Sambikerep

Sebanyak 30 orang warga RW 7 Kelurahan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, antusias kerja bakti bersama membersihkan lingkungan, Minggu (8/1/2023) pagi.

Peralatan yang mereka bawa antara lain sapu lidi dan gergaji, karena fokus bersih-bersih kali ini adalah perantingan dan fasilitas umum (fasum), di Perumahan Perhutani.

Iwan Ahmadi Lurah Sambikerep mengatakan, sebetulnya target kerja bakti di hari Minggu ini adalah membersihkan saluran. Tapi, karena cuaca di Surabaya kurang bersahabat dalam beberapa hari terakhir, membuat banyak ranting yang berjatuhan.

“Akhirnya, Pak RW minta fokus bersih-bersih hari ini ke perantingan dulu,” kata Iwan kepada suarasurabaya.net, Minggu (8/1/2023).

Selain fokus perantingan, para warga juga membersihkan area fasum. Kata Iwan, di area fasum ada lapangan tenis yang dulunya sering dipakai warga untuk olahraga.

Karena sudah tidak terawat, fasum itu dibersihkan warga supaya bisa kembali berfungsi.

Di area fasum berupa tanah lapang itu juga terlihat banyak tumpukan daun kering yang harus segera dibersihkan.

Kegiatan kerja bakti hari ini diikuti warga dua RT 3 dan 4. Selain itu, para anggota Karang Taruna juga terlibat dalam aktivitas bersih-bersih tersebut.

Iwan menambahkan, cara dia untuk mengajak anak muda mau bergabung di kegiatan kerja bakti adalah menumbuhkan rasa memiliki lingkungannya sendiri.

Artinya, lingkungan yang bersih adalah milik bersama, termasuk anak muda. Maka dari itu, semua orang harus terlibat kerja bakti.

Sense of belong, atau rasa memiliki di lingkungan selalu saya tekankan. Biar anak muda iki gak cangkruk tok ae kerjaane (biar anak muda ini tidak nongkrong saja kerjaannya,” tegas Iwan.

Kerja bakti di Kelurahan Sambikerep rutin dilakukan setiap minggu sejak diluncurkannya Program “Surabaya Bergerak”, oleh Pemerintah Kota Surabaya yang bekerja sama dengan Suara Surabaya Media.

Kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara dengan melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(wld/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs