Sabtu, 27 April 2024

Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga enam meter pada 16-17 Agustus 2023.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” ujar Eko Prasetyo Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG dilansir Antara, Rabu (16/8/2023).

Eko menjelaskan, pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi.

Ia mengemukakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur tenggara dengan kecepatan 8-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, Laut Jawa dan Selat Makassar bagian selatan,” paparnya.

Kondisi itu, lanjutnya, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan timur P. Simeulue-Kep. Nias-Kep. Mentawai, Samudra Hindia Selatan Sawu-Rote.

Juga di Laut Sawu, perairan P. Sawu-Kupang-P. Rotte, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, Laut Bali.

Kemudian, Selat Makassar bagian selatan dan tengah, perairan Kep. Sabalana-Kep. Selayar, perairan Wakatobi-Bau Bau, Laut Flores bagian timur, perairan Menui-Kendari, perairan selatan Kep. Banggai-Kep. Sula, perairan Kep. Sangihe-Kep. Talaud.

Kemudian di perairan Bitung-Likupang, perairan Kep. Sitaro, Laut Maluku, perairan Halmahera, Laut Halmahera, Laut Seram, perairan P. Buru-P. Seram-P. Ambon, Laut Banda.

Lalu di perairan Kep. Tanimbar, perairan Kep. Kai-Kep. Aru, Laut Arafuru, perairan selatan Misool, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua Barat.

Untuk gelombang lebih tinggi di kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue-Kep.Nias-Kep. Mentawai, Samudra Hindia Barat Aceh-Nias.

Juga di Selat Sunda bagian utara, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan Jawa Timur-Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Bali-Sumba.

Untuk gelombang di kisaran sangat tinggi 4-6 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kep. Enggano-Lampung, perairan Bengkulu-Kep. Enggano, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai-Lampung.

Kemudian di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Tengah, Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa Timur.

“Untuk itu perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,” terangnya. (ant/dvn/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs