Senin, 27 Mei 2024

WHO Ungkap Sebanyak 4 Miliar Orang Berisiko Terjangkit Demam Berdarah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Gerakan 3M Cara Ampuh Antisipasi Demam Berdarah. Foto: Istimewa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (22/12/2023) memperingatkan bahwa sekitar empat miliar orang berisiko terinfeksi virus demam berdarah.

Diana Rojas Alvarez Ketua tim arbovirus dari departemen kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi di program darurat WHO mengatakan, lebih dari lima juta kasus dan 5.000 kematian akibat demam berdarah yang dilaporkan di seluruh dunia sejak awal 2023.

“Hampir 80 persen atau 4,1 juta kasus demam berdarah dilaporkan di Amerika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat,” kata Rojas dilansir Antara pada Sabtu (23/12/2023).

Pejabat PBB itu menegaskan bahwa dalam beberapa tahun belakangan penyebaran nyamuk mengalami perubahan karena beberapa faktor. Pada 2023 fenomena El Nino dan perubahan iklim menyebabkan peningkatan temuan kasus demam berdarah di negara-negara yang sebelumnya terbebas dari penyakit tersebut seperti Prancis, Italia dan Spanyol.

“Dikhawatirkan pula bahwa wabah demam berdarah terjadi di negara rentan dan negara terdampak konflik di kawasan Mediterania Timur WHO, seperti Afghanistan, Pakistan, Sudan, Somalia serta Yaman,” ujarnya.

Di mana negara-negara tersebut secara bersamaan menghadapi wabah penyakit menular, perpindahan penduduk massal, infrastruktur sanitasi dan air yang buruk serta kembali dilanda bencana alam.

Hal serupa juga terjadi di Afrika, di mana kasus demam berdarah ditemukan pada masyarakat lokal dan orang-orang yang kembali dari 30 lebih negara Afrika.

Lebih lanjut menurut badan kesehatan PBB, kata Rojas, demam berdarah bukan endemi di Eropa dan kebanyakan kasus biasanya terkait dengan perjalanan. Meski demikian, WHO Wilayah Eropa juga melaporkan klaster kecil dan terbatas kasus demam berdarah lokal tahun ini. (ant/feb/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs