Jumat, 19 April 2024

WordPad Dipensiunkan dari Windows setelah Eksis Hampir Tiga Dekade

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Microsoft tidak lagi melakukan pembaruan untuk WordPad yang sudah digunakan sejak Windows 95. Foto: Istimewa

Microsoft tidak lagi melakukan pembaruan untuk WordPad. Mereka berencana untuk menghapus pemroses kata tersebut dari rilis Windows mendatang.

Selanjutnya, mereka merekomendasikan Microsoft Word, pemroses kata berbayar miliknya yang selalu jauh lebih kaya fitur daripada aplikasi WordPad yang sederhana yang telah disertakan sebagai bagian dari Windows sejak Windows 95.

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus dalam rilis Windows mendatang,” demikian bunyi catatan dukungan yang diterbitkan oleh Microsoft.

Dalam catatan tersebut, Microsoft merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf serta Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt.

Berita tentang penghapusan WordPad datang hanya satu hari setelah Microsoft mengungkapkan mereka akan meningkatkan Notepad dengan fitur-fitur seperti autosave dan pemulihan otomatis tab.

Microsoft memperbarui aplikasi Windows Notepad pada tahun 2018 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan kemudian menambahkan tab pada versi Windows 11.

Namun, WordPad tidak mendapatkan perhatian yang sama. Pemroses kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI Windows 7, tetapi setelah sedikit redesain pada Windows 8, tidak ada penambahan besar-besaran.

Microsoft kini akan menghapus WordPad sepenuhnya dalam “rilis Windows mendatang,” yang kemungkinan besar akan menjadi versi Windows 12.

Windows 12 diharapkan akan dirilis pada tahun 2024 dengan banyak fitur berbasis kecerdasan buatan. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs