Selasa, 30 April 2024

World Parkinson’s Day, RSUD Dr. Soetomo Tekankan Pentingnya Kembalikan Kualitas Hidup

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Joni Wahyuhadi Direktur RSUD Dr. Soetomo saat berada di Gedung Paviliun Indraprasta STOC RSUD Dr. Soetomo Surabaya, pada Selasa (11/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Untuk memperingati Hari Parkinson Sedunia yang jatuh pada hari ini, RSUD Dr. Soetomo menekankan pentingnya menjaga kualitas hidup para penderita parkinson.

Joni Wahyuhadi Direktur RSUD Dr. Soetomo menyatakan, sesuai dengan tema peringatan Hari Parkinson Sedunia, yakni keep smiling, RSUD Dr. Soetomo akan terus berupaya untuk menangani pasien parkinson yang mengalami gangguan gerak agar bisa menikmati hidup.

“Jadi parkinson itu bagaimana kita bisa membantu mereka untuk bisa menikmati sisa-sisa hidupnya, karena parkinson tidak bisa dihilangkan 100 persen, tapi dikurangi gejalanya,” ucapnya saat berada di Gedung Paviliun Indraprasta STOC Surabaya seusai acara peresmian Parkinson and Movement Disorders Centre dan Unit Endovaskuler Neurointervensi, pada Selasa (11/4/2023).

Untuk menangani penyakit tersebut, ia mengungkapkan RSUD Dr. Soetomo terus melakukan pelayanan-pelayanan canggih.

“Supaya pasien yang memerlukan layanan ini juga tidak pergi ke luar negeri, ke Singapura misalkan, atau ke Malaysia, karena semua ada di Soetomo,” ungkapnya.

Suasana acara peresmian Parkinson and Movement Disorders Centre dan Unit Endovaskuler Neurointervensi di Gedung Paviliun Indraprasta STOC RSUD Dr. Soetomo Surabaya, pada Selasa (11/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), RSUD Dr. Soetomo juga akan berupaya terus untuk mencukupi SDM hingga peralatan kerjanya

“Ini upaya kita untuk health tourism di Jatim, nanti pelayanan-pelayanan apa di luar negeri yang dikejar oleh masyarakat Jatim khususnya, bisa dilayani di Soetomo,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga membeberkan, sejak 2018 ada 51 pasien parkinson yang ditangani di rumah sakit milik Pemprov Jatim tersebut.

“Pasien yang ditangani semuanya ada improvement, memang penyakitnya tidak hilang, tapi yang penting quality life pasien meningkat. Yang sebelumnya tidak bisa menulis bisa menulis, yang sebelumnya tidak bisa gambar bulat bisa gambar bulat, walaupun tidak akan normal 100 persen, tapi kita tingkatkan quality life pasien,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, penanganan yang dilakukan terhadap penderita parkinson di RSUD Dr. Soetomo itu juga mengalami perkembangan yang bagus.

“Yang sebelumnya gangguan gerak, waktu operasi langsung hilang, banyak pasien itu berterima kasih, kalau di presentase kalau tidak bisa dipakai itu kurang dari 50 persen, kalau dipakai tidak sempurna lebih dari 70 persen, jadi sekitar 80 sampai 90 persen,” pungkasnya.(ris/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs