Jumat, 3 Mei 2024

Xi Jinping Jumpa Biden di California untuk Membahas Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat (kanan) dan Xi Jinping Presiden China (kiri) dijadwalkan bertemu di California pekan depan. Foto: Aljazeera

Joe Biden Presiden Amerika Serikat dan Xi Jinping Presiden China dijadwalkan bertemu pekan depan di California. Salah satu agenda pertemuan tersebut membalas terkait konflik di Gaza.

Karine Jean-Pierre Juru Bicara Gedung Putih mengungkapkan pertemuan itu akan dilangsungkan di San Francisco, California pada 15 November.

“Kedua pemimpin akan membahas isu-isu dalam kemitraan bilateral China-AS, pentingnya menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, dan berbagai masalah kawasan serta global,” terang Jean-Pierre dilansir Antara pada Sabtu (11/11/2023).

Xi akan mengunjungi Amerika Serikat pada 14-17 November guna menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) ke-30.

Pertemuan antara dua pemimpin dari dua perekonomian terbesar itu bakal berlangsung di tengah sikap Israel yang menolak seruan internasional agar menciptakan gencatan senjata di Gaza.

Namun demikian, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya sudah mendukung jeda kemanusiaan di Gaza. Kantong Palestina itu menjadi sasaran bombardemen paling mematikan dalam beberapa waktu terakhir.

Beijing sudah berusaha mengakhiri konflik bersenjata itu dan menyerukan adanya gencatan senjata di sana.

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara Xi dan Biden sejak pertemuan di Bali pada November tahun lalu.

“Kedua pemimpin akan berkomunikasi secara mendalam mengenai isu-isu penting yang strategis, menyeluruh dan mendasar dalam menajamkan hubungan China-AS dan isu-isu utama mengenai perdamaian dan pembangunan dunia,” kata Hua Chunying Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China via X. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs