Sabtu, 27 April 2024

1.556 Calon Mahasiswa Baru Lolos ITS Lewat Jalur SNBP 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Foto: Humas ITS Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meloloskan sebanyak 1.556 calon mahasiswa baru (camaba) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Unggul Wasiwitono Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS mengatakan, dalam SNBP tahun ini, total ada 13.937 camaba yang mendaftar.

“Kuota yang tersedia untuk jalur SNBP sendiri sebesar 23,81 persen dari total penerimaan mahasiswa baru ITS 2024,” katanya, pada Selasa (26/3/2024).

Dari jumlah tersebut, 26,73 persen diantaranya adalah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-K) dan 73,27 persen dari mahasiswa reguler.

“Jumlah kuota yang tersedia pada jalur SNBP tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Karena ada penambahan beberapa program studi (Prodi) di ITS,” katanya.

Unggul mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar SNBP ITS didominasi oleh peserta didik asal Provinsi Jawa Timur.

Sementara untuk prodi dengan peminat terbanyak yakni, Teknik Informatika ada 1.431 orang. Kemudian, diikuti oleh Departemen Sistem Informasi dengan jumlah peminat sebanyak 701 orang, serta Departemen Teknik Industri sebanyak 692 orang.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengingatkan bahwa adanya kebijakan baru yang diterapkan pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 yaitu aturan blokade pada pendaftar yang telah lolos salah satu skema seleksi.

Sistem ini mengatur setiap pendaftar yang lolos SNBP secara otomatis tidak dapat mengikuti SNBT maupun Seleksi Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) manapun.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para calon mahasiswa baru ITS yang berhasil lolos melalui jalur SNBP.

“Mengajak para peserta didik untuk turut berkontribusi dalam memajukan peradaban manusia melalui pengembangan sains, teknologi, dan inovasi,” pungkasnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs