Kamis, 9 Mei 2024

100 Peserta Beradu Kamampuan dalam Seleksi Program Pertukaran Pemuda ke Australia

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para pemuda di Jatim saat mengisi soal dalam seleksi pertukaran pemuda untuk berangkat ke Australia di Kantor Dinas Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim, Surabaya, Sabtu (27/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 100 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim), mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) untuk berangkat ke Australia di Kantor Dinas Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim, Sabtu (27/4/2024).

Awan Widodo Kepala Bidang (Kabag) Kepemudaan Dispora Provinsi Jatim mengatakan, seleksi yang diadakan antara Dispora dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) sebuah perhimpunan alumni delegasi program pertukaran pemuda Indonesia itu, menjaring 60 pemuda terbaik.

Mereka diseleksi dengan sistem menjawab soal secara online. Seluruhnya, mendapat soal yang sama, mulai dari pengetahuan umum, seni budaya hingga bahasa inggris.

“Sebanyak 60 dari 100 pemuda yang lolos seleksi ini nanti akan dikarantina untuk kembali persiapan seleksi,” katanya.

Sebanyak 60 pemuda pilihan hasil seleksi itu, nanti juga akan dikirim ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk disaring. Hanya diambil sepuluh pemuda untuk kembali seleksi secara nasional di Jakarta.

“Untuk menyeleksinya itu butuh sekitar tiga hari. Nanti dilaksanakan tanggal 3-5 bulan Mei,” ucapnya.

Awan Widodo Kepala Bagian Kepemudaan Dispora Provinsi Jatim di Surabaya, Sabtu (27/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara saat di Australia nanti, mereka akan belajar dan magang dalam program pertukaran pelajar selama kurun waktu dua pekan.

“Ini merupakan salah satu progam dari Kemenpora, bagaimana nantinya mereka juga bisa menjadi duta-duta, utamanya untuk petukaran pemuda ini,” ucapnya.

Program tersebut, kata dia, merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Mereka yang berhasil lolos dan tuntas mengikuti pertukaran pemuda, juga akan tergabung dalam PCMI.

“Bahwa prinsipnya, kegiatan ini sudah dilaksanakan, dan akan terus dilaksanakan, sudah banyak alumni-alumni yang ada,” tuturnya.

Seperti diketahui, 100 pemuda yang terdiri dari mahasiswa dan yang telah lulus dari bangku perkuliahan tersebut, sebelumnya telah dijaring oleh Dispora dan PCMI dengan jumlah awal 170 pendaftar di Jatim, sebelumnya akhirnya seleksi secara tatap muka di kantor Dispora Jatim. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs