Senin, 17 Juni 2024

30 Orang Meninggal Akibat Serangan Israel di Kamp Pengungsi Rafah Semalam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Api membakar wilayah dekat pengungsian di Rafah, Jalur Gaza, Palestina dalam serangan Israel, Minggu (27/5/2024) malam. Foto: BBC

Sedikitnya 30 orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat Israel menyerang sebuah kamp yang dihuni pengungsi di Kota Rafah, Gaza wilayah selatan pada Minggu (26/5/2024).

“Serangan itu terjadi dekat pusat logistik Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Tal al-Sultan,” kata kantor media Gaza seperti dilansir Antara.

Serangan pesawat tempur Israel menghantam beberapa tenda di wilayah tersebur, menurut kantor itu, memperjelas bahwa serangan dilakukan dengan menggunakan rudal dan bom seberat sekitar 907 kilogram.

Sebelumnya, pasukan pertahanan sipil Gaza mengatakan mereka telah memindahkan 50 orang, termasuk mereka yang tewas dan terluka, setelah terjadi pengeboman. Wilayah yang menjadi target tersebut menaungi setidaknya 100.000 pengungsi, menurut pasukan itu.

Bulan Sabit Merah Palestina dalam pengarahan singkatnya mengatakan, kru ambulans mereka membawa para korban ke pusat-pusat medis terdekat. Serangan itu menyebabkan kebakaran di wilayah itu, yang masih terus berkobar, menurut para saksi.

“Kami menyelamatkan sejumlah besar anak-anak yang menjadi korban pengeboman Israel, termasuk anak-anak yang tubuhnya hancur,” kata seorang petugas paramedis Palestina kepada kantor berita Anadolu.

“Pembantaian Rafah merupakan pesan jelas Israel kepada ICJ dan komunitas internasional bahwa serangan terhadap warga sipil di Gaza terus berlanjut,” kata kantor media itu dalam pernyataannya.

Kantor tersebut lebih lanjut mencatat bahwa sedikitnya 190 warga Palestina terbunuh dan terluka dalam 24 jam terakhir, karena tentara Israel menargetkan lebih dari 10 tempat penampungan bagi para pengungsi di Jalur Gaza.

Tentara sebelumnya telah mengidentifikasi kamp yang dibom di Rafah masuk “dalam zona aman di mana para pengungsi didesak untuk pergi.”

Israel telah membunuh hampir 36.000 warga Palestina di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Serangan militer Israel telah mengubah sebagian besar wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang tersebut menjadi reruntuhan, serta menyebabkan sebagian besar warga sipil kehilangan tempat tinggal dan berisiko kelaparan.

Serangan ini terjadi meskipun Mahkamah Internasional (ICJ) mengeluarkan putusan yang memerintahkan Israel untuk menghentikan serangannya di Rafah. Rafah menjadi tempat berlindung bagi lebih dari satu juta warga Palestina diserbu pada 6 Mei oleh pasukan Israel. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs