Senin, 29 April 2024

Antisipasi Inflasi, RPH Surabaya Sediakan 9 Ton Daging untuk Ramadan-Lebaran hingga Obral Stok

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Fajar Arifianto Isnugroho Dirut PD RPH Kota Surabaya. Foto: Dok/ Meilita suarasurabaya.net

Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Surya Kota Surabaya menyediakan sembilan ton daging selama Ramadan sampai Lebaran, hingga menggelar obral daging keliling untuk mencegah inflasi atau kenaikan harga.

Fajar Arifianto Isnugroho Direktur Utama PD RPH Surya Kota Surabaya menyebut, sembilan ton daging itu dipastikan cukup, berkaca pada Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

“Rinciannya empat ton daging sapi disiapkan sampai akhir Maret dan lima ton disiapkan untuk bulan April 2024,” katanya, Kamis (14/3/2024

Sementara untuk harga daging sapi sejauh ini, menurutnya masih relatif stabil di angka Rp115 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram untuk daging kelas satu. Sementara daging kelas dua seharga Rp110 ribu hingga Rp115 ribu per kilogram.

“Biasanya (ada) kenaikan harga sebesar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilogram terjadi pada sepekan sebelum Lebaran dan itu lumrah,” sebutnya.

Selain daging potong, pasokan sapi hidup dipastikan aman. Sehingga diharapkan bisa mempertahankan pencapaian sejak 2022, di mana tidak pernah terjadi inflasi daging sapi di Surabaya.

“Setiap malam RPH memotong sapi rata-rata 178 ekor sapi dan biasanya pemotongan akan meningkat menjadi 300 ekor mendekati Hari Raya Idulfitri,” imbuhnya lagi.

Untuk mencegah inflasi, sambungnya, RPH akan aktif ikut gerakan pangan murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya mulai 23-31 Maret 2024 di Tugu Pahlawan, hingga menggelar obral daging keliling di beberapa pasar tradisional mulai 3-6 April 2024.

“Di Pasar Tambahrejo, Pasar Genteng, Pasar Pucang dan Pasar Manukan untuk memastikan masyarakat mendapatkan daging sapi berkualitas dengan harga ramah yang terjamin Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH),” tandasnya. (ita/azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs