Minggu, 28 April 2024

Banjir Meluas, Jumlah Pengungsi di Kudus Bertambah Capai 1.619 Jiwa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pengungsi yang ditempatkan di aula DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada Minggu (17/3/2024). Foto: Antara Pengungsi yang ditempatkan di aula DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada Minggu (17/3/2024). Foto: Antara

Jumlah warga yang mengungsi akibat terdampak banjir di Kudus, Jawa Tengah semakin bertambah. Saat ini jumlahnya meningkat menjadi 1.619 jiwa menyusul jumlah desa yang terdampak banjir yang juga bertambah.

“Saat ini banjir semakin meluas hingga di 29 desa dari sebelumnya hanya beberapa desa,” kata Mundir Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus dilansir Antara, Minggu (17/3/2024).

Untuk jumlah warga terdampak, kata dia, hingga hari ini, Minggu totalnya sekitar 32.952 jiwa. Namun yang mengungsi ada 1.619 jiwa.

Seribuan pengungsi tersebut, kata dia, tersebar di 17 lokasi pengungsian, antara lain ada yang menempati aula gedung DPRD Kudus, balai desa, tempat ibadah, tempat pendidikan, dan rumah warga.

Sementara untuk dapur umum, lanjut dia, disediakan di delapan lokasi mulai dari balai Desa Golantepus, balai Desa Jati Wetan, Gulang, Blimbing Kidul, Gedung DPRD, masjid, TPQ, serta gereja.

Terkait ketersediaan logistik, kata Mundir, untuk saat ini masih cukup untuk dua hari ke depan. Meski demikian nantinya juga ada pihak yang akan membantu memenuhi kebutuhan logistik.

Pemkab Kudus juga bisa menggunakan dana tidak terduga, kata dia, menyusul adanya penetapan status tanggap darurat bencana angin kencang, banjir, dan tanah longsor. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs