Rabu, 19 Juni 2024

Banjir Terjang Tiga Kabupaten di Pulau Madura

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah petugas berjaga-jaga di lokasi banjir di Jalan Raya Arosbaya, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (12/3/2024). Foto: Polres Bangkalan

Banjir menerjang tiga kabupaten di Pulau Madura, yakni Bangkalan, Sampang dan Pamekasan pada Selasa, menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak Senin (11/3/2024).

Di Bangkalan banjir melanda empat desa di Kecamatan Arosbaya, di Sampang terjadi di Kecamatan Jrengik dan menutup akses jalan nasional penghubung antara Kabupaten Sampang dengan Kabupaten Bangkalan, sedangkan di Pamekasan terjadi di Jalan Trunojoyo Pamekasan.

“Malam ini banjir mulai masuk perkampungan warga di Desa Patemon,” kata Budi Cahyono Koordinator Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, seperti dilaporkan Antara.

Banjir yang melanda Pamekasan merupakan banjir kiriman akibat luapan Sungai Kalisemajid dan Sungai Kalikloang.

Sejumlah petugas terlihat menelusuri genangan banjir dan mulai melakukan evakuasi ke sejumlah rumah warga.

Dari tiga kabupaten yang dilanda banjir di Pulau Madura ini, yang terparah di Kabupaten Bangkalan.

Dalam rekaman video yang beredar, banjir juga merendam sebuah masjid, dan sejumlah orang terlihat mengungsi di ketinggian untuk menyelamatkan diri.

“Hingga malam ini proses evakuasi terhadap korban banjir terus berlanjut,” kata Kompol Andi Febrianto Wakapolres Bangkalan.

Geger Heri Kalaksa BPBD Bangkalan yang dihubungi Radio Suara Surabaya mengatakan, banjir di wilayahnya murni karena hujan yang turun sejak pukul 02.30 WIB.

“Tidak diprediksi di bulan Maret ada hujan deras. Menurut prediksi kami di bulan Januari yang hujan deras,” ujarnya.

Sementara Adhy Karyono, Pejabat Gubernur Jawa Timur 2024 mengatakan dinas sosial kabupaten sudah menyerahkan bantuan logistik dan dapur, sementara dinas sosial provinsi sedang bergerak untuk mem-backup kebutuhan logistik yang lebih besar.(ant/iss/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs