Sabtu, 27 April 2024

Batal Lakukan Perjalanan Akibat Banjir Semarang, KAI Daop 1 Jakarta Kembalikan Bea Tiket 100 Persen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi para penumpang yang hendak menaiki kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Istimewa

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen akibat adanya banjir di wilayah Semarang.

Banjir tersebut dikarenakan curah hujan yang masih tinggi mulai hari Rabu (13/3/2024) hingga Kamis (14/3/2024) hari ini.

Ixfan Hendriwintoko Manager Humas Daop 1 Jakarta menjelaskan bahwa banjir menyebabkan kereta yang menuju Daop 1 Jakarta tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu untuk keselamatan dan keamanan perjalanan. Adapun sejumlah KA yang terganggu merupakan KA lintas utara yang akan melalui wilayah Semarang.

Berikut sejumlah KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang mengalami keterlambatan dampak banjir di wilayah Semarang pada Kamis, 14 Maret 2024:

Keberangkatan Stasiun Gambir :
KA 2 Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya Pasar Turi dibatalkan dan Penumpang di alihkan dengan naik KA 62A Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi berangkat pukul 09.50 WIB

Keberangkatan Stasiun Pasar Senen:
Terdapat 2 KA yang berpotensi mengalami keterlambatan saat berangkat dari Stasiun Pasar Senen, kedua KA tersebut adalah :
1.KA 220 Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasar Turi
2.KA 132 Dharmawangsa tujuan Surabaya Pasar Turi

Kata Ixfan, sejumlah perjalanan kereta api kedatangan Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai pukul 00.30 WIB pada lintas utara jawa, telah dilakukan dengan pola operasi memutar perjalanannya melalui jalur selatan jawa. Adapun daftar KA yang mengalami perubahan pola operasi sebagai berikut:

1. KA 77F Pandalungan tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 09:45 WIB dengan kelambatan 300 menit.
2. KA 57 Brawijaya tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 09:59 WIB dengan kelambatan 300 menit.
3. KA 3 Argo Bromo Anggrek tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 10:20 WIB dengan kelambatan 300 menit.
4. KA 219 Kertajaya tujuan Pasar Senen estimasi kedatangan pukul 13:00 WIB dengan kelambatan 315 menit5.
5. KA 131 Dharmawangsa tujuan Pasar Senen estimasi kedatangan pukul 13:30 WIB dengan kelambatan 271 menit

“Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api ini, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terimbas perjalanan KA nya,” kata Ixfan.

Katanya, bagi para pelanggan yang terimbas perjalanan kereta api yang akan dinaikinya, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan akibat banjir yang saat ini sedang terjadi.

“Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan, bagi pelanggan yang terdampak,” ujarnya.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Menurut Ixfan, saat ini KAI terus melakukan upaya untuk perbaikan jalur akibat genangan air tersebut dan mengalihkan aliran air agar tidak menggenangi jalur KA agar jalur Kereta Api yang terdampak banjir kembali normal dan perjalanan KA dapat beroperasi dengan lancar. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs