Selasa, 25 Juni 2024

Bertambah, Tim SAR Temukan Lagi Korban Tewas Akibat Longsor di Luwu Sulsel

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
BPBD Sulsel mengevakuasi korban tanah longsor di Luwu, pada Senin (26/2/2024). Foto: Vio Santy via WhatsApp SS BPBD Sulsel mengevakuasi korban tanah longsor di Luwu, pada Senin (26/2/2024). Foto: Vio Santy via WhatsApp SS

Seorang korban tanah longsor kembali ditemukan tewas oleh tim SAR gabungan di lokasi kejadian, Jalan Poros Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Korban tertimbun longsor ditemukan di jurang. Atas nama Ratan usia 50 tahun. Alamat Desa Dampan, Kecamatan Bastem Utara,” kata Aipda Amirullah Kasi Humas Polres Luwu di Luwu, Selasa (27/2/2024), dikutip Antara.

Dengan demikian, kata dia, jumlah korban tewas akibat tanah longsor menjadi lima orang. Sebelumnya empat jenazah telah dievakuasi pada Senin (26/2/2024).

Sementara itu Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel menyampaikan hingga hari ini total korban tanah longsor di Luwu sebanyak 15 orang, 10 korban selamat dan lima orang meninggal dunia.

Korban ditemukan di titik longsor dengan kemiringan 45 derajat pada pukul 13.40 Wita. Sejauh ini tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi pencarian dan pertolongan dengan fokus pada titik terakhir korban ditemukan.

“Pencarian menggunakan buldozer untuk membuka akses jalan dan ekskavator, serta drone thermal. Beberapa petugas pencari dan penolong juga melakukan penyisiran di bagian bawah tebing menuju ke sektor I,” kata Mexianus.

Sebelumnya diberitakan, bencana longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, terjadi pada Senin pukul 09.40 Wita yang menyebabkan tertutupnya akses jalan dan korban jiwa serta material

Korban teridentifikasi lima orang atas nama Emelia (20) seorang bidan beralamat di Dusun Tambunan, Desa Tongkonan. Miskawati (24) pekerjaan swasta dengan alamat Dusun Limbong, Desa Dampan. Kemudian Wanto (22) pekerjaan swasta, alamat Dusun Dampan, Desa Dampan.

Selanjutnya Mariama Patakdungan (57) pekerjaan guru honorer, alamat Desa Karatuan dan baru ditemukan Ratan usia 50 tahun alamat Desa Dampan, Kecamatan Bastem Utara.

Sedangkan korban selamat masing-masing Firdaus (19) pekerjaan swasta dengan alamat Dusun Langda, Desa Tede. Markus Toding Allo (43) alamat Dusun Langda, Desa Tede. Seni (34) alamat Desa Pantilang, Mardiana (60) alamat Desa Bonglo, dan Delman (19) Desa Barana.

Selanjutnya Ririn (31) alamat jalan Pongsimpin Kota Palopo, Lilis (30) alamat Desa Se’pon Kecamatan Lamasi, dan Nirwana (37) alamat Kelurahan Pajalesang Kota Palopo, serta Wahab Busa (19) alamat Desa Uraso, dan NN identitas belum diketahui.

Dari data tercatat sebanyak 15 unit kendaraan roda dua dan dua unit kendaraan roda empat tertimbun material tanah longsor di lokasi kejadian. (ant/azw/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs