Selasa, 30 April 2024

BMKG: Gempa Magnitudo 7,5 di Taiwan Tidak Berdampak Tsunami di Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar sebuah bangunan yang runtuh sebagian di Hualien, Taiwan timur pada Rabu (3/4/2024). Foto: TVBS via AP

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi magnitudo 7,5 yang melanda Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi sekitar pukul 06.58 WIB, tidak berdampak tsunami ke wilayah Indonesia.

Hal tersebut dipastikan berdasarkan hasil analisa yang dilakukan BMKG termuktahir beberapa saat setelah menerima informasi gempa melanda Taiwan.

“Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia,” ujar Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dilansir Antara.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat Indonesia tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, peringatan tsunami untuk Prefektur Okinawa dikeluarkan setelah gempa magnitudo 7,5 mengguncang Taiwan pada Rabu pagi waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, gempa berasal 18 kilometer selatan barat daya Hualien, Taiwan pada kedalaman 34,8 kilometer.

Dilansir dari The Japan Times, gelombang setinggi tiga meter diperkirakan akan terjadi di beberapa pulau di Jepang. Warga didesak untuk mengungsi dari daerah pesisir. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs