Senin, 29 April 2024

BMKG: Hujan Sedang Hingga Lebat Berpotensi Melanda Sebagian Besar Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
BMKG Prakirakan Jawa Timur Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir Hari Ini Ilustrasi sebuah motor yang melintas di jalan raya ketika hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Jawa Timur berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, Minggu (3/3/2024) seharian ini.

Berdasarkan laporan yang diterima suarasurabaya.net, pagi hari, wilayah yang turun hujan yakni Kabupaten Gresik, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sampang.

Sementara pada siang hingga sore, hujan akan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo dan Banyuwangi.

Kemudian malam hari hujan akan turun di wilayah Lumajang.

Untuk Minggu dini hari, hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Jember.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 15 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin dominan berhembus dari Barat ke Barat Daya dengan kecepatan lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan cuaca di sebagian besar perairan Jawa Timur hari ini berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Arah angin didominasi dari Barat Daya ke Barat Laut, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 12 knot (22 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knot (28 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.5 meter. (ike/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs