Senin, 20 Mei 2024

BMKG: Jawa Timur dan 8 Provinsi Waspada Bencana Hidrometeorologi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir di Trosobo, Sidoarjo pada Minggu (18/2/2024). Daerah ini sudah terendam banjir selama hampir dua minggu. Foto: Maria Daud via WA SS

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat di sejumlah daerah pada sembilan provinsi di Indonesia yang berlaku Minggu (18/2/2024).

“Waspada terhadap bencana hidrometeorologi dampak dari potensi hujan lebat yang berlaku mulai pukul 07.00 WIB,” kata Eko Prasetyo Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, seperti dilansir Antara.

Sejumlah wilayah berkategori waspada terhadap dampak hujan lebat adalah Kabupaten Solok Selatan dan Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat, Belitung Timur di Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, potensi hujan lebat juga berada di Karanganyar, Sragen, Semarang, Kota Salatiga, Brebes, dan Tegal di Provinsi Jawa Tengah.

Sementara di Jawa Timur berpeluang melanda Ngawi, Kediri, Jombang, Malang, Pasuruan, dan Mojokerto. Kalimantan Barat berada di Sanggau, Landak, Sekadau, Melawi, Ketapang, Sintang, dan Kapuas Hulu.

Status waspada hujan lebat juga berlaku di wilayah Lamandau, Kota Waringin Timur, dan Katingan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu situasi serupa juga berlaku di Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe, dan Kolaka Timur di Sulawesi Tenggara.

Waspada hujan lebat di wilayah timur Indonesia berlaku di Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, dan Fakfak Papua Barat, serta Merauke, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Jayapura, Keerom, Mimika, Tolikara Puncak Jaya, Mamberamo Raya, Asmat, Nduga, Puncak, Boven Digoel, Yalimo, Jayawijaya, dan Mappi di Papua. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs