Senin, 29 April 2024

BMKG: Akhir Pekan, Cuaca Sebagian Jatim Hujan Lebat Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memberikan peringatan dini supaya masyarakat mewaspadai cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024) hari ini.

“Pada siang hingga sore hari di wilayah Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang,” demikian dalam keterangan tertulis dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (17/2/2024).

Sedangkan, pada malam hari hujan diprakirakan terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota/Kabupaten Madiun, Ngawi, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bangkalan, dan Sumenep.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 13-34 derajat celcius, dengan elembapan udara berkisar 60 -100 persen. Angin dominan berhembus dari Barat Daya ke Selatan dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan cuaca di seluruh perairan Jatim hari ini berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 knot (32 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knot (23 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.3 meter. (sya/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs