Jumat, 19 Juli 2024

BMKG Prakirakan Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan deras diprakirakan mengguyur berbagai kota pada hari ini. Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Selasa (25/6/2024).

Dikutip dari Antara, beberapa kota besar yang diprakirakan berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yakni Medan, Serang, Tanjung Selor, Mamuju, Ambon.

BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Tanjung Pinang, Bengkulu, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bandung, Mataram, Palangkaraya, Samarinda, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Ternate, Manokwari.

Sementara itu, beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Kupang, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Jayapura.

Secara khusus untuk wilayah Jakarta, BMKG memprakirakan seluruh wilayah akan mengalami kondisi cuaca berawan tebal pada pagi hingga siang hari. Kemudian pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta mengalami kondisi cerah berawan.

BMKG juga mengimbau masyarakat di beberapa wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sembarang tempat.

Antara lain sebagian kecil Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan dan Maluku bagian tenggara.

Adapun untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter.

BMKG juga memberikan imbauan waspada potensi banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara, Banten, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, dan Ambon. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs