Kamis, 20 Juni 2024

BPBD Sebut 3.109 KK Terdampak Banjir di Kabupaten Probolinggo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Karang Taruna Probolinggo lakukan kerja bakti membersihkan material lumpur di desa yang terdampak banjir di Kecamatan Dringu, Senin (11/3/2024). Foto: Diskominfo Probolinggo Karang Taruna Probolinggo lakukan kerja bakti membersihkan material lumpur di desa yang terdampak banjir di Kecamatan Dringu, Senin (11/3/2024). Foto: Diskominfo Probolinggo

Oemar Sjarief Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyebut, sebanyak 3.109 kepala keluarga (KK) terdampak banjir yang menerjang empat desa di Kecamatan Dringu.

Hasil pendataan, ke-3.109 KK terdampak masing-masing berasal dari Desa Dringu 1.050 KK, Desa Kedung Dalem 1.500 KK, Desa Kalirejo 500 KK, dan Desa Tegalrejo 59 KK.

Dilansir dari Antara pada Selasa (12/3/2024), Oemar menyebutk banjir yang menerjang keempat desa di Kabupaten Probolinggo itu terjadi pada Sabtu (9/3/2024) malam.

Puluhan warga yang rentan seperti lanjut usia (lansia), anak-anak, perempuan dan ibu hamil sempat dievakuasi ke posko pengungsian di Kantor Kecamatan Dringu.

Banjir perlahan-lahan mulai surut pada Minggu (10/3/2024). Namun sisa material banjir seperti lumpur di dalam rumah dan jalanan membuat aktivitas warga masih belum berjalan normal.

“Hingga hari ini ada sebelas warga yang masih mengungsi di rumah dinas Camat Dringu karena rumah mereka masih porak-poranda dan belum dibersihkan, namun tim gabungan hari ini sudah turun membersihkan rumah-rumah mereka,” tuturnya.

Ia menjelaskan dapur umum yang disiagakan oleh Tagana Dinas Sosial juga masih dibuka untuk menyuplai kebutuhan pangan masyarakat.

“Hari ini rencananya pihak Tagana juga akan mendistribusikan makanan siap saji untuk berbuka puasa bagi warga yang terdampak banjir,” katanya.

Ugas Irwanto Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo juga sudah menginstruksikan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dengan mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman warga terdampak banjir di Kantor Kecamatan Dringu. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
30o
Kurs