Jumat, 3 Mei 2024

Cuaca Hari Ini, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Cuaca hari ini, Minggu (21/1/2024) BMKG Juanda memberikan peringatan dini supaya masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Cuaca ini diprakirakan terjadi pada siang-sore hari di wilayah Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan. Sedangkan pada malam hari di wilayah Pamekasan, Sampang, dan Sumenep, serta pada dini hari di wilayah Sumenep.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprakirakan secara umum cuaca di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini pada pagi hari cerah, dan berawan.

Pada siang-sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan Hujan Lebat disertai petir.

Pada malam hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Sedangkan pada dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara berkisar 16-35 derajat Celcius, kelembapan udara 50-95%. Angin dominan dari Barat – Barat Daya dengan kecepatan 5-30 km/jam.D

Sementara itu cuaca maritim di wilayah perairan Jawa Timur diinformasikan BMKG Matitim Tanjung Perak seperti dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (21/1/2024), hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sebagian besar Wilayah Perairan Jawa Timur. Potensi hujan lebat dapat terjadi di Laut Jawa utara Bawean.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 19 knot (35 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 22 knots (41 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.8 meter.

Waspada ketinggian gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudera Hindia selatan Jatim.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs