Kamis, 25 Juli 2024

Cuaca Mayoritas Kota Besar Indonesia Diprakirakan Diselimuti Awan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia diselimuti awan pada Jumat (31/5/2024).

Berdasarkan keterangan BMKG di laman web resmi di Jakarta, Jumat, seperti dilansir Antara, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah seperti Bengkulu, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Palangkaraya, Kupang, Kendari, dan Manado berawan, serta Samarinda dengan proyeksi awan yang lebih tebal.

BMKG juga memprakirakan cuaca di sejumlah daerah cerah berawan, di antaranya seperti Jambi, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, dan Surabaya.

Adapun hujan diprakirakan turun di Banda Aceh, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandung, Mataram, Makassar, Gorontalo, Ambon, Manokwari, dan Jayapura diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Medan, serta hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Padang, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Mamuju, dan Ternate.

Sebelumnya, BMKG menyebut cuaca yang terjadi saat ini merupakan transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Guswanto Deputi Meteorologi BMKG mengatakan waktu transisi musim hujan ke kemarau tersebut diprakirakan berlangsung mulai tanggal 29 Mei hingga 3 Juni 2024.

“Analisa tim meteorologi BMKG mendapati pada medio tersebut masih ada aktivitas gelombang ekuatorial rossby yang memicu curah hujan intensitas rendah hingga sedang,” ucapnya.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
32o
Kurs