Rabu, 1 Mei 2024

Cuaca Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hari ini Sabtu (6/4/2024) hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore bakal terjadi di sebagian wilayah Jawa Timur.

Wilayah yang berpotensi hujan tersebut yakni Sidoarjo, Nganjuk, Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

“Lalu pada malam hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto,” demikian keterangan dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu.

Sedangkan pada pagi ini, secara umum Jawa Timur cerah, berawan, dan berkabut.

Kemudian cuaca pada siang hingga sore, malam, dan dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 55-95 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan kondisi perairan Jawa Timur secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Arah angin didominasi dari arah Barat ke Barat Laut dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots (30 km/jam), dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 20 knot (37 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.75-1.5 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.5-2.5 meter. (azw/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs