Kamis, 13 Juni 2024

Dewan Keamanan PBB Nyatakan Belasungkawa Atas Kematian Presiden Iran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ebrahim Raisi Presiden Iran. Foto: Reuters Ebrahim Raisi Presiden Iran. Foto: Reuters

Anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (20/5/2024) mengheningkan cipta selama semenit untuk mendoakan Ebrahim Raisi Presiden Iran.

Ebrahim Raisi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (19/5/2024). Pada saat itu ia ditemani oleh Hossein Amir-Abdollahian Menteri Luar Negeri Iran dan penumpang lainnya.

Dilansir dari Antara pada Selasa (21/5/2024), pada awal pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Senin pagi, Pedro Comissario Afonso Duta Besar Mozambik untuk PBB yang memimpin pertemuan tersebut, meminta semua yang hadir di ruang Dewan Keamanan untuk berdiri dan mengheningkan cipta selama semenit atas kematian tragis tersebut.

Selain itu, Pedro Comissario Afonso serta menyampaikan belasungkawa dan simpati bagi keluarga para korban maupun rakyat Iran.

Pedro Comissario Afonso mengatakan kegiatan mengheningkan cipta tersebut dilaksanakan atas permintaan Rusia, China, dan Aljazair.

Sebelumnya, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei Pemimpin Spiritual Iran mengumumkan hari berkabung nasional selama lima hari menyusul wafatnya Ebrahim Raisi beserta rombongan dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran.

Ayatollah Khamenei mengutarakan kesedihan yang mendalam atas meninggalnya Presiden Raisi dalam peristiwa yang terjadi di Provinsi Azerbaijan Timur di Iran sehari sebelumnya.

Dalam pesan itu, Ayatollah Khamenei menggambarkan Raisi sebagai sosok ulama pekerja keras sekaligus presiden populer yang mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyat Iran, negara, dan Islam. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
25o
Kurs