Senin, 29 April 2024

Dua Crane Dikerahkan untuk Normalisasi Jalur Imbas Kecelakaan Kereta di Cicalengka Bandung

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal cummuter line Bandung Raya di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Foto: kirim Misbacul via WA SS

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengerahkan dua crane untuk mempercepat evakuasi dua kereta api yang terlibat kecelakaan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024).

Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya dari hasil koordinasinya dengan Daop 2 Bandung menceritakan, langkah itu guna secepat menormalisasi jalur secepat mungkin supaya bisa segera dilalui oleh kereta lain.

“Ada dua crane yang kami datangkan ke lokasi, pertama kren dari Solo Balapan dan kren dari Stasiun Cirebon itu sudah sampai di lokasi untuk mempercepat evakuasi kereta yang anjlok dan juga normalisasi jalur,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya.

Dia belum bisa memastikan estimasi waktu normalisasi tersebut. Pihaknya juga belum bisa mengungkapkan kronologi tabrakan KA Turangga relasi Stasiun Surabaya Gubeng menuju Bandung dengan KA lokal Commuter Line Bandung Raya, di KM 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka di wilayah Daop 2 Bandung tersebut.

Fokus lainnya dari KAI saat ini, lanjutnya, adalah mengantar korban luka untuk ke rumah sakit serta penumpang lainnya untuk melanjutkan perjalanan.

“Terkait penyebab kejadian (beserta kronologi) kami masih menunggu. Nanti setelah kejadian ini pasti ada penyelidikan dari eksternal, dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), juga dari internal kami terkait penyelidikan tersebut,” ujarnya.

Sementara soal tiga korban meninggal masinis, asisten masinis, dan pramugara, Luqman belum bisa membenarkan, menunggu pernyataan resmi PT KAI.

Adapun tiga Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Bandung tujuan akhir Stasiun Surabaya Gubeng dipastikan terlambat tiba dari jadwal semula.

Luqman menyebut, keterlambatan itu karena perubahan pola operasi menyesuaikan proses evakuasi dan normalisasi jalur di lokasi kejadian, KM 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka wilayah Daop 2 Bandung.

Tiga KA itu terdiri dari KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang harusnya tiba pukul 17.35 WIB, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pukul 23.54 WIB, dan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pukul 22.55 WIB. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs