Kamis, 2 Mei 2024

Tiga Kereta Api dari Bandung Tujuan Surabaya Bakal Terlambat Tiba, Imbas Kecelakaan di Bandung

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di wilayah Cicalengka, Bandung, Jawa Barat pada, Jumat (5/1/2024) pagi. Foto: tangkapan layar

Tiga Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Bandung tujuan akhir Stasiun Surabaya Gubeng dipastikan terlambat tiba dari jadwal semula.

Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menyebut, keterlambatan itu karena perubahan pola operasi menyesuaikan proses evakuasi dan normalisasi jalur di lokasi kejadian, KM 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka wilayah Daop 2 Bandung.

Tiga KA itu terdiri dari KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang harusnya tiba pukul 17.35 WIB, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pukul 23.54 WIB, dan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pukul 22.55 WIB.

“KA jarak jauh yang mengalami keterlambatan tersebut, yang seharusnya melalui petak jalan Kroya Banjar Cicalengka dan Bandung, dialihkan melalui petak jalan Kroya menuju Purwokerto Cirebon Cikampek dan Bandung,” beber Luqman lewat keterangan resmi, Jumat (5/1/2024).

Keterlambatan kerega api diperkirakan terjadi satu hingga dua jam dari jadwal semula.

Sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada pelanggan, lanjutnya, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat bagi pelanggan KA yang terdampak.

“KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. Kami dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar,” pungkasnya.

Sebelumnya, 3 KA dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Bandung berangkat pagi ini juga kemungkinan terlambat imbas kecelakaan itu. Ketiganya mengalami perubahan pola operasi lewat Purwokerto. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs