Jumat, 3 Mei 2024

Empat Pasien DBD di Banyuwangi Meninggal Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
RSUD Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur. Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat kasus demam berdarah dengue atau DBD periode Januari hingga 22 April 2024 mencapai 205 kasus dan empat orang di antaranya meninggal dunia.

Amir Hidayat Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Kabupaten Banyuwangi mengatakan jumlah pasien DBD di Banyuwangi mengalami kenaikan signifikan pada bulan April 2024.

“Penambahan kasus DBD per 22 April saja 71 pasien. Selama Januari-Maret 2024 sendiri pasien DBD Banyuwangi ada 134 pasien,” katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (23/4/2024), seperti dilaporkan Antara.

Amir menjelaskan bahwa naiknya kasus DBD di Banyuwangi disebabkan oleh faktor cuaca, curah hujan yang tidak menentu menyebabkan timbulnya genangan air yang menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk aedes aegypti.

Menurut dia, saat ini ada empat kecamatan yang menjadi titik sebaran terbanyak kasus demam berdarah, yakni Kecamatan Muncar, Srono, Bangorejo, dan Rogojampi.

Dinkes Banyuwangi mencatat total kasus infeksi virus dengue ada 1.025 kasus, virus dengue ini penyebab tiga penyakit yakni demam dengue (DD), DBD, serta dengue shock syndrom (DSS).

“Ketiga penyakit tersebut sama-sama disebabkan oleh infeksi virus dengue, namun tingkat keparahannya berbeda. DD biasanya lebih ringan dibandingkan DBD. Selain itu, DD tidak sampai menyebabkan kematian,” kata Amir.

Dia mengimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri atau keluarga apabila mengalami gejala yang mengarah pada DBD. Seperti, demam tinggi selama tiga hari, nyeri badan, tubuh lemas, nafsu makan menurun, serta mengalami pendarahan spontan (mimisan, gusi berdarah).

“Jika demam tidak membaik selama tiga hari segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan trombosit dan hematokrit,” ujar Amir.

Amir mengajak masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Warga juga perlu menutup tempat genangan air agar tidak menjadi sarang nyamuk,” ujar dia.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs