Sabtu, 4 Mei 2024

Eri Bakal Jadi Wali Kota Surabaya Pertama yang Terima Penghargaan Kinerja Pemda dari Presiden

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Selasa (23/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Eri Cahyadi akan jadi Wali Kota Surabaya pertama yang berkesempatan menerima penghargaan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) dari Joko Widodo Presiden RI.

Rencananya, Jokowi akan menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) tahun 2022 saat puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

“Insya Allah kita sudah koordinasi dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), ada (tim) protokol yang turun, bergerak dengan protokol (Pemkot) Surabaya. Karena ini penyelenggaraan pemerintah daerah Hari Otoda InsyaAllah Presiden hadir memberikan penghargaan Lencana kepada wali kota, bupati dan gubernur yang akan diberikan sekali seumur hidup atas prestasi di wilayah masing-masing dan itu untuk tahun 2021/2022. Tahun 2023 diberikan piagam, yang berhasil di 2021 yang mendapatkan piagam akan diberikan Lencana,” kata Eri, Selasa (23/4/3024).

Eri berhak menerima, katanya, karena sejumlah prestasi. Mulai turunnya angka stunting, penilaian sistem transportasi atau akomodasi di Surabaya, dan kenyamanan serta kelayakan Kota Surabaya. Termasuk keterlibatan masyarakat dalam pembangunan kota.

“Salah satu yang terkuat adalah RT, RW, LPMK dan Kader Surabaya Hebat (KSH) dengan semangat ini, penghargaan itu saya akan mendedikasikan untuk RT, RW, LPMK, KSH untuk semangat kita membentuk kampung madani. Karena tidak ada tujuan pemerintah hadir selain memberikan yang terbaik kepada warga melalui kampung,” bebernya lagi.

Penghargaan itu, lanjut Eri, didedikasikan untuk warga dengan mewujudkan kampung madani, kampung peradaban.

“Di mana tidak ada pengangguran, tidak ada kemiskinan, tidak ada putus sekolah setiap kampung. Oleh karena itu, saya selalu mengatakan kepada seluruhnya, RT, RW, LPMK, KSH kita sudah bergerak minggu depan untuk kampung madani,” tandasnya.

Diketahui, Surabaya jadi tuan rumah puncak peringatan Hari Otoda yang digelar di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Joko Widodo Presiden RI, sejumlah menteri, hingga bupati/wali kota, dan gubernur akan hadir. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs