Jumat, 10 Mei 2024

Film Purun Raih Penghargaan di ajang 2024 PayPal Melbourne Fashion Film Awards

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Merdi Sihombing, Desainer Fesyen Adat Merdi Sihombing Desainer fesyen adat (tengah) menerima penghargaan untuk film "Purun" dalam acara 2024 PayPal Melbourne Fashion Festival-Fashion Film Awards. Foto: HO-Tim Produksi Purun

Film fesyen berjudul “Purun” karya Merdi Sihombing mendapat penghargaan dalam acara 2024 PayPal Melbourne Fashion Festival-Fashion Film Awards yang digelar Februari lalu.

Ketika meraih penghargaan tersebut, Merdi Sihombing, desainer fesyen adat berharap filmnya bisa memperkenalkan teknik kerajinan tradisional yang ada di Indonesia ke dunia.

“Dengan keterampilan ini, mereka dapat mengubah tanaman purun yang tumbuh liar menjadi produk sehari-hari yang bernilai tinggi yang indah. Kreasi ini berpotensi menjadi sumber pendapatan berkelanjutan bagi masyarakat tersebut,” kata Merdi dalam keterangan pers yang dikutip Antara, Rabu (20/3/2024).

Selain memperkenalkan budaya bangsa, film “Purun” mengajak penonton menyaksikan keindahan warisan budaya, semangat berinovasi, dan keindahan alam.

“Ini menunjukkan bagaimana program itu telah berhasil memberdayakan perempuan-perempuan tulang punggung perekonomian keluarga di lahan gambut dengan mengubah sumber daya lokal menjadi peluang ekonomi, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan mereka,” katanya.

Sementara itu, Ignatius Raditya Bhramanta selaku sutradara, menjelaskan bahwa film “Purun” yang dibuat menggunakan konsep dokumenter dengan sentuhan kontemporer menyoroti berbagai macam kekayaan yang ada di bumi, mulai dari warisan budaya bangsa hingga tanaman liar seperti purun yang tumbuh liar.

“Merupakan suatu kehormatan bisa bercerita dan membagikannya ke dunia. Saya bersyukur atas kesempatan melakukan apa yang saya cintai. Melalui film ini, saya ingin mengungkapkan bahwa banyak sekali kekayaan yang ada di bumi ini,” kata desainer fesyen adat itu.

Tidak hanya itu, Ni Made Ayu Marthini Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengapresiasi sineas dan desainer Indonesia yang mengharumkan nama bangsa lewat film “Purun” di ajang 2024 PayPal Melbourne Fashion Festival-Fashion Film Awards.

“Pencapaian ini bukan hanya merupakan kesuksesan bagi industri fesyen dan film Indonesia, tetapi juga memperkuat posisi Indonesia di panggung global,” tuturnya.

Lebih lanjut, Film yang berlatar lahan gambut Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan itu, dibuat sebagai laporan kerja program pemberdayaan perempuan di dua area tersebut, yang dijalankan oleh Badan Restorasi Gambut dan didanai oleh United Nations Development Programme. (ant/sya/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs