Senin, 29 April 2024

Gempa Magnitudo 4,6 Landa Kabupaten Blitar pada Kamis Malam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi deteksi gempa.

Gempa magnitudo 4,6 dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim) pada, Kamis (15/2/2024) malam, sekitar pukul 22.54 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merinci episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.56 derajat lintang selatan; 112.22 derajat bujur timur tepatnya di laut pada jarak 47 km arah tenggara Kabupaten Blitar dengan kedalaman 100 kilometer.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Blitar, Karangkates, Trenggalek, Malang, Pacitan II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” kata Setyoajie Prayoedhie Kepala Stasiun Geofisika Sleman BMKG Jogja dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Setyoajie mengatakan dari pantauan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

Adapun hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock), hingga Kamis malam pukul 23.07 WIB.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs