Senin, 22 Juli 2024

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Kembali Erupsi pada Selasa Dini Hari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gunung Ruang kembali erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi, pada Selasa (30/4/2024) dini hari. Foto: Foto: magma.vsi.esdm.go.id

Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali berstatus awas level IV setelah kembali erupsi pada Selasa (30/4/2024) pukul 02.35 WITA.

Dilansir dari Antara, informasi itu dilaporankan oleh Julius Ramopolii Ketua Pos PGA Ruang, yang diteruskan dalam grup percakapan ‘Info Gunung Api Sitaro’ pukul 02.45 WITA. Saat laporan tersebut disampaikan Gunung Ruang dalam kondisi erupsi.

Saat erupsi, tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 milimeter dan durasi kurang lebih 10 menit.

Sementara itu, pada status awas level IV warga diharapkan mematuhi radius bahawa yang direkomendasikan yaitu masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.

Sedangkan masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer akan dievakuasi ke tempat yang lebih aman di luar radius tersebut.

Adapun masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, diminta agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut/runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan.

Selanjutnya, masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap untuk tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
28o
Kurs