Sabtu, 4 Mei 2024

Hampir Separuh Warga Surabaya Diprediksi Mudik, Dishub Antisipasi Kepadatan Tempat Wisata

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memprediksi hampir 50 persen warga akan mudik Lebaran, tapi kepadatan di tempat wisata tetap terjadi.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyebut, arus lalu lintas diprediksi akan mulai sepi setelah puncak arus mudik pada pekan ini, 6-7 April 2024. Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin (15/4/2024).

“Prediksi kami, puncak arus mudik terjadi antara Sabtu dan Minggu, dan puncak arus balik pada hari Senin. Hal ini dikarenakan hari Selasa merupakan hari kerja,” papar Tundjung, Rabu (3/4/2024).

Selain mudik, arus lalu lintas diprediksi sepi karena banyak warga memilih liburan ke luar kota.

“Biasanya Surabaya lebih sepi saat Lebaran, sehingga prediksi kami jumlah kendaraan yang ke luar kota akan susut di bawah 50 persen. Hal ini dikarenakan banyak warga yang memilih berlibur ke luar kota,” tuturnya.

Namun, kepadatan akan tetap terjadi di tempat-tempat wisata, karena Surabaya jadi salah satu pilihan wisatawan. Mulai Kebun Binatang Surabaya (KBS), Wisata Kenjeran, dan Romokalisari Adventure Land.

“Sebanyak 14 terminal juga kami siapkan saat Lebaran. Namun, biasanya terminal dalam kota tidak mengalami lonjakan penumpang. Lonjakan justru terjadi pada tempat wisata,” ucapnya lagi.

Dampaknya, kemacetan di beberapa ruas jalan, misalnya Jalan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, jalur kedatangan warga luar daerah ke KBS saat Lebaran.

“Kepadatan yang perlu diantisipasi adalah kemacetan di Wonokromo. Biasanya terjadi pada H+1, H+2, hingga menjelang Hari Raya Ketupat. Karena mereka kebanyakan pengunjung dari luar Kota Surabaya,” tandasnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs