Jumat, 17 Mei 2024

Menteri PUPR: Kemantapan Jalan Nasional 94,2 Persen bagi Mudik Lebaran 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, jalan nasional di Jawa Timur. Foto: BBPJN VIII

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan kondisi kemantapan jalan nasional di seluruh wilayah Indonesia sebesar 94,2 persen dalam rangka mendukung mudik Lebaran 2024.

“Secara nasional bahwa jalan nasional (non tol) kita sepanjang 47.603 km dengan kemantapan 94,2 persen,” kata Basuki dalam Rapat Kerja Persiapan Mudik Lebaran 2024 bersama Komisi V DPR RI, yang dilaporkan Antara, Selasa (2/4/2024).

Ia menambahkan, untuk ruas jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 6.500 km dengan kemantapan 97,23 persen.

Selain itu, Kementerian PUPR sudah melakukan perbaikan jalan nasional, antara lain penanganan ruas jalan nasional pasca banjir di Demak, Kecamatan Karanganyar pada awal Februari dan Maret 2024 sepanjang 1,8 km, di 4 lajur ruas jalan Semarang – Demak, termasuk melakukan perbaikan marka dan median jalan.

Kemudian, Kementerian PUPR juga sudah berhasil membuka dan membersihkan jalan nasional Sukabumi-Bogor yang sebelumnya tertutup longsor, sehingga jalan nasional tersebut kembali normal dan dapat dilalui kendaraan.

Sedangkan di Pulau Bali, untuk ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 589,6 km dengan kondisi mantap 99,55 persen. Kemudian di Pulau Sumatera, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 13.417,5 km dengan kondisi mantap 95,15 persen.

Lalu di Pulau Kalimantan, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.036,3 km dengan kondisi mantap 92,27 persen. Dan di Pulau Sulawesi, ruas jalan nasional yang siap digunakan sepanjang 8.794 km yang secara umum dalam kondisi mantap 95,82 persen.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya tugas dari Kementerian PUPR menyiapkan prasarana transportasi darat berupa jalan dan jembatan untuk mudik dan balik,” kata Basuki.

Lebih lanjut, Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan kementerian/lembaga negara (K/L) untuk mengantisipasi peningkatan penumpang menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. (ant/sya/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs